Rahasia Dibalik si Buah ‘Berlemak’

Manfaat Buah Alpukat

HarianDepok.com – Kesehatan – Suara Pembaca , Alpukat merupakan salah satu buah yang poppuler. Rasa alpukat yang gurih menjadi banyak digemari orang – orang. Tidak hanya dijadikan minuman saja, alpukat juga merupakan bahan tambahan dalam berbagai panganan seperti salad dan sushi. Namun tidak sedikit orang yang khawatir jika mengkonsumsi alpukat karena lemak yang terkandung didalamnya. Tahukah anda, bahwa lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak yang sehat. Sebagian besar lemak yang tekandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh (monounsaturated fat) yaitu sekitar 3 gr dan setiap porsi penyajian hanya mengandung 0,5 gr lemak jenuh (saturated fat).

Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat. Maka dari itu alpukat merupakan sumber lemak yang baik bagi tubuh.

Selain itu, alpukat mengandung 3 gr karbohidrat dalam setiap porsinya dan 1 gramnya adalah serat makanan (dietary fiber). Oleh karena itu, alpukat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang diet rendah karbohidrat.

Untuk menambah kecantikan alpukat juga bisa dijadikan masker wajah. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit. Selain itu vitamin E juga bekerja sebagai anti oksidan yang mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Kepustakaan:

www.amazine.co/1784/tips-sehat-manfaat-dan-kandungan-nutrisi-dalam-alpukat/

Adinda Kartika SariArtikel kiriman dari :

Adinda Kartika Sari

Mahasiswi Universitas Padjadjaran

 

 

 

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: