Manfaat dari Green Tea “Teh Hijau” – Green Lifestyle

GREEN TEA, GREEN LIFESTYLE

HarianDepok.com – Kesehatan – Suara Pembaca , Segala sesuatu yang dikaitkan dengan Green pasti berhubungan dengan sesuatu yang menyehatkan seperti halnya green tea. Green tea  atau teh hijau belakangan ini sedang menjadi trend berbagai macam olahan pangan, mulai dari ice cream, cupcakes, bolu, coklat dan panganan lainnya. Rasanya yang pahit namun disukai banyak orang ini juga dikenal sebagai minuman pengganti kopi yang lebih sehat karena memiliki kandungan kafein yang rendah dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yaitu polifenol katekin, antioksidan ini sepuluh kali  dari jumlah antioksidan dalam buah dan sayuran. Tahukah anda manfaat lain dari teh hijau bagi kesehatan?

Salah satu antioksidan katekin teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih. Antioksidan juga dapat memperlambat penuaan pada kulit. Selain sebagai panganan,  teh hijau  juga dapat dibuat pasta gigi karena dapat  membantu mengurangi peradangan gusi dan juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi. Teh hijau juga mengandung tanin yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL.

Bagi para penderita diabetes teh hijau sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan alami yang menghambat sekresi enzim yang dikenal dengan  alpha – glucosidase, yang pada akhirnya akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Antioksidan Flavonoid dalam teh hijau telah dikenal bisa mencegah agregasi platelet ( yang merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskuler). Bahkan, penelitian menjelaskan bahwa teh hijau bisa mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita. Selain penyakit diabetes dan kardiovaskular, teh hijau juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti arthritis, kanker kulit, asma, liver, neurologis dan osteoporosis.

Stres dan depresi adalah dua masalah yang sering dialami oleh manusia, apalagi jika ia terlalu lama berkerja. Teh hijau ini juga dapat membantu anda untuk melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Selain anti oksidan, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, adalah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan. Sudahkah anda menjalani hidup sehat dengan mengkonsumsi teh hijau?

Adinda Kartika SariArtikel kiriman dari :

Adinda Kartika Sari

Mahasiswi Universitas Padjadjaran

 

 

 

[Andriidaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)