Harbolnas : Yuk, Ramaikan Hari Belanja Online Nasional 2014

Yuk, Ramaikan Hari Belanja Online Nasional

HarianDepok.com – Bisnis , Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar pada tanggal 12 Desember tahun ini. Acara yang juga dikenal sebagai “1212” hari ini bakal diikuti oleh 78 penyedia jasa e-commerce di Indonesia.

Pada tahun ketiga penyelenggaraan kegiatan ini, jumlah pesertanya melonjak. Tahun lalu, Harbolnas diikuti oleh 23 peserta. Sedangkan pada 2012 hanya enam perusahaan e-commerce yang berpartisipasi. Harbolnas sendiri dicetuskan oleh toko online Lazada.

“Harbolnas merupakan kesempatan bagi e-commerce Indonesia untuk mematangkan ekosistem,” ujar Senior Vice President Marketing and Business Development Lazada Indonesia Andry Huzain di Jakarta, Kamis, (11/12/2014) kemarin.

Andry menyebutkan empat hal yang harus dilakukan perusahaan atau UKM untuk mengembangkan e-commerce di Tanah Air. Yakni membangun kepercayaan, memastikan keamanan sistem pembayaran, menjamin pengiriman barang tepat waktu, serta memperhatikan kualitas barang.  Dia mengatakan keempat hal tersebut berguna untuk memastikan didapatnya pengalaman yang baik oleh konsumen layanan e-commerce.

“Pengalaman ini yang kemudian menjadi rekomendasi bagi orang terdekat untuk berbelanja online, dan menjadi pelanggan serta membuat e-commerce tetap berjalan” tuturnya.

Lazada sendiri menawarkan potongan harga hingga 90 persen dan diskon kilat (flash sale) serta cashback senilai Rp 500.000 hingga Rp 20 juta untuk memperingati Harbolnas 2014 ini. Selain itu Lazada juga meluncurkan sejumlah produk baru dan memperikan voucher taksi gratis senilai Rp 121.212 dengan jumlah kupon voucher 121.212 pcs.

Pihak Lazada mengaku optimis dengan target transaksi yang ingin dicapai dalam Harbolnas tahun ini yakni 15 kali lipat lebih besar daripada hari biasa. “Kami sangat optimistis karena masyarakat Indonesia tengah bergairah dengan belanja online,” ujar Chief Executive Officer Lazada Indonesia Magnus Ekbom.

Adapun produk yang paling banyak diminati di Lazada adalah gadget / smartphone, peralatan rumah tangga, serta produk kecantikan. Saat ini ada lebih dari 6.000 merek yang terdaftar di situs tersebut. Harbolnas sendiri dilaksanakan selama 24 jam mulai dari pukul 00.00 WIB dini hari dan berakhir pada pukul 23.59 WIB. Selain Lazada, perusahaan e-commerce yang berpartisipasi antara lain Zalora, Berrybenka, Traveloka, Cipika, Bilna, Groupon, dan Rumah123 dll.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)