Miras Oplosan Kembali Menelan Korban Warga Bajang Blitar

Miras Oplosan, Minuman Keras Oplosan,Korban Miras Oplosan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Belum lama ini miras oplosan kembali menelan korban jiwa. Rita Sugiono (37) dan Edy Santoso (40) warga Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, muntah darah usai menenggak minuman keras (miras) oplosan hingga nyawanya tidak tertolong.

Rita dan Edy sebenarnya telah sempat mendapatkan pertolongan secara medis, tetapi nyawanya tidak tertolong. Saat penyelidikan, petugas dari kepolisian mengamankan sebotol miras tradisional arak dan butiran obat batuk dextrometropan.

“Korban mengalami overdosis akibat miras oplosan, ” ujar Kapolsek Talun, AKP Soebondo kepada wartawan.

Berdasarkan kesaksian keluarga dan rekan, kedua korban keluar rumah sejak Rabu (10/12/2014) kemarin. Tidak ada yang mengetahui pasti tujuan mereka, namun beberapa saksi mengatakan Rita dan Edy berpesta miras di alun alun Kota Blitar.

“Informasinya pesta miras berlangsung larut malam sampai mendekati dini hari, ” tuturnya.

Dalam kondisi setengah mabuk, keduanya mampir ke rumah Narto (48), warga setempat yang juga tetangga mereka. Rita dan Edy mengeluhkan rasa tidak enak badan, kemudian meminta Narto untuk mengerik secara bergantian.

“Korban sempat mengeluh seperti masuk angin. Karena itu meminta dikerik, ” kata Narto yang sedikit curiga dengan kedua korban yang dalam keadaan setengah teler.

Menurut pengakuan keluarga korban, sesampainya di rumah, Edy juga mengeluhkan mual, lalu ia muntah darah dan pingsan. Edy pun meninggal dunia pada Kamis 11 Desember siang.

Sementara itu, Rita Sugiono juga mengalami hal yang sama namun pihak keluarga sempat membawa Rita ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Meskipun telah mendapatkan pertolongan, Rita tewas Jumat 12 Desember dini hari.

Menurut Soebondo, pihaknya masih menyelidiki asal muasal miras tradisional jenis arak itu didapatkan. Selain itu polisi juga sedang memastikan asal campurannya yaitu obat batuk jenis dextrometropane yang ditemukan di sekitar lokasi pesta miras yaitu berjumlah sekitar 57 butir.

“Kita juga masih mencari tahu berapa jumlah orang yang ikut pesta miras kemarin. Jika lebih dari dua orang, tentunya ada kemungkinan korban overdosis akan bertambah,” imbuhnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: