Film senyap ditengarai memasukan paham komunisme

Film Senyap
HarianDepok.com – Berita – Nasional
, Film The Look Of Silence atau Senyap dilarang tayang dibeberapa tempat. Hal ini dikarenakan film senyap ini dikhawatirkan untuk mengalihkan sejarah PKI dan memberikan paham-paham radikal komunis.

Beberapa tokoh yang melarang pemutaran film senyap tersebut adalah Rektor Universitas Brawijaya Malang, M Bisri. Ia membenarkan pelarangan pemutaran film berjudul Senyap atau The Look of Silence yang bakal diputar di Fakultas Ilmu Budaya, Rabu (10/12/2014). Karena tidak ada ijin untuk menayangkan film tersebut ke pihak Universitas.

“Sebelumnya saya tidak tahu karena tidak ada surat izin ke rektor,” ujarnya, Rabu (10/12/2014).

Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Gunawan Wijaya, juga mengaku pihaknya memantau dan mengantisipasi adanya upaya penyebaran faham komunis melalui film tersebut. Karena itu, upaya pendekatan dilakukan pihaknya dan bukan kapasitasnya untuk mengeluarkan ijin atau melarang.

“Kami hanya memantau. Kalau ada unsur provokasi atau penyebaran faham komunis tentu kami imbau tidak diputar,” katanya

Sedangkan di Jakarta, dalam peringatan Hari HAM Internasional yang jatuh pada hari Rabu (10/12), di Gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat penayangan film senyap tetap berlangsung.

Setelah pemutaran film Senyap ini, pihak panitia dari LBH melakukan sesi diskusi dengan pihak produksi film senyap, Joshua Oppenheimer menggunakan layanan Skype.

Dalam sinopsis film Senyap tertulis, “Melalui karya Joshua Oppenheimer yang memfilmkan para pelaku genosida di Indonesia, satu keluarga penyintas mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya. Adik bungsu korban bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya – sesuatu yang tak terbayangkan di negeri dengan para pembunuh yang masih berkuasa.”

Durasi: 98 menit (25fsp), 102 menit (24fsp)

Tahun produksi: 2014

Bahasa: Indonesia, Jawa

Negara Produksi: Denmark, Indonesia, Norwegia, Finlandia, & Inggris

Produser Utama: Final Cut for Real, Denmark

Ko-produser: Anonymous (Indonesia), Piraya Film (Norwegia), Making Movies (Finlandia), and Spring Films (Inggris).

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)