Inilah Racikan Untuk Komposisi Miras Oplosan?!

Miras Oplosan, Racikan Miras Oplosan , Berita Miras Oplosan Terbaru, Minuman Keras Oplosan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Fenomena Miras Oplosan yang telah merenggut 27 orang warga Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang masih membuat banyak orang merasa prihatin. Selain karena memang berbahaya, tentu saja miras oplosan ini juga menjadi pertanyaan besar, yaitu komposisi atau bahan apa saja yang menjadi campuran atau oplosan minuman haram tersebut.

Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan saat jumpa pers di Polres Garut, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (8/12/20124) memaparkan hasil Lab penyelidikan kematian akibat miras oplosan ini.

“Miras oplosan ini bahan-bahan campurannya antara lain terdiri dari spirtus, metanol, obat pembasmi nyamuk dan ditambah minuman suplemen,” ujar Iriawan.

Iriawan menyatakan masih mendalami bagaimana para pelaku pesta miras bisa mendapatkan bahan baku seperti metanol yang sebenarnya tidak dapat diperjualbelikan secara mudah kepada perorangan.

“Kita akan telusuri, bagaimana dia bisa membeli metanol dalam jumlah banyak. Karena metanol itu bahan kimia untuk industri. Kita akan tanya tokonya. Karena terkadang sistem jual beli bahan bahan kimia dilapangan itu lemah. Seharusnya kalau ada yang beli ditanya peruntukannya dan jelas dari perusahaan apa untuk membuat apa. Kalau obat nyamuk sih memang mungkin dibeli,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa  warna-warni minuman oplosan ini karena tambahan pewarna namun bukan pewarna makanan.

“Oplosannya yaa mau-maunya dia aja. Makanya warnanya lain-lain. Ada yang ditambah minuman ini, suplemen itu dan lain-lain,” kata Iriawan.

Racikan “sembarangan” dan berbahaya tersebut dijelaskan Iriawan berdampak dahsyat untuk tubuh. Namun masyarakat tidak mengerti.

“Minuman ini akan menghantam lambung lalu membuat saraf otak putus, pecah habis itu udah, selesai (mati). Masyarakat tidak tahu itu efek oplosan dalam bidang medis,” tuturnya.

Terkait dengan sejumlah bahan yang seharusnya tidak diperjualbelikan dengan mudah, Iriawan pun meminta pemda terkait untuk melakukan evaluasi dan perijinan pembelian bahan-bahan kimia tertentu.

Karena bahan-bahan kimia seperti methanol dan spirtus harusnya penggunaannya dalam pengawasan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: