Obat Tradisional Penurun Demam Yang Wajib Diketahui

102837_tehhijau2

HarianDepok.com – Kesehatan – Di musim hujan tubuh kita seringkali terserang demam. Saat demam menyerang, minum obat biasanya menjadi pilihan. Namun nenek moyang kita dulu miliki resep ramuan tradisional yang ampuh usir demam. Apa saja itu? Berikut enam ramuan bermanfaat turunkan demam. Kita simak saja yukk apa saja ramuannya?

1. Bawang putih & minyak zaitun

Bawang putih memiliki sifat penyembuan ajaib bagi tubuh. Salah satunya bantu turunkan suhu tubuh tinggi tubuh dan meredakan flu. Cara membuatnya, pertama campurkan satu sendok makan bawang putih cincang dan minyak zaitun. Lalu gunakan ramuan ini untuk memijat bagian tubuh yang sakit dan tutupilah dengan kain hangat.

2. Air es

Tak jarang orang menggunakan metode kompres air es untuk menyembuhkan demam. Cara ini dinilai paling efektif dan cepat mengobati. Cara membuatnya campurkan air dan es batu dalam satu mangkuk air. Kemudian pakai kain katun untuk mengompres dahi dan ulangi proses ini hingga sepuluh kali.

3. Jus apel dan kismis

Dua bahan itu mungkin jarang dipraktikkan oleh orang Indonesia. Tapi ternyata apel dan kismis yang direbus dapat bantu turunkan demam. Caranya cukup rebus beberapa kismis dan apel, lalu saring air rebusan dan minum sarinya dengan takaran satu sendok makan dalam tiga kali sehari.

4. Teh herbal

Teh herbal juga efektif untuk menyembuhkan infeksi dalam tubuh, misalnya yakni teh hijau dan teh serai untuk menurunkan demam. Begitu juga teh pappermint dan teh sage juga memiliki antioksidan yang bantu melawan flu dan demam.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang membantu untuk mengurangi demam ringan dalam tubuh. Gunakan 3-4 sendok cuka sari apel yang dicampurkan ke dalam air hangat lalu kompres dahi Anda dengan kain.

6. Lemon dan madu

Jus lemon dapat membantu untuk melawan infeksi apapun karena tingginya antioksidan dan vitamin C. Ambil segelas air hangat dan tambahkan sejumput jus lemon di dalamnya. Bila perlu, tambahkan satu sendok teh sari jahe dengan madu. Minum ramuan ini setidaknya empat kali dalam sehari untuk menyembuhkan demam dan flu infeksi dari tubuh.

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer