Misteri Lempengan Karet Tjipetir di Eropa Terungkap Berasal Dari Sukabumi

Lempengan Tjipetir

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Akhirnya misteri keberadaan lempengan persegi yang berbahan dasar seperti dari karet yang di temukan di beberapa pantai negara Eropa akhirnya terungkap. Lempengan Tjipetir, tersebut sudah bisa dipastikan berasal dari pabrik Gutta Percha Cipetir yang berada di Perkebunan Cipetir, Kecamaan Cikidang, Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat , Indonesia.

Terungkapnya Lempengan Tjipetir ini setelah seorang warga negara Inggris Tracey Williams, menemukan beberapa lempengan persegi yang bertuliskan “Tjipetir” di sebuah pinggiran pantai yang tidak jauh dari rumahnya di Cornwall, Inggris pada musim panas 2012 yang lalu. Beberapa minggu kemudian setelah penemuan lempengan yang pertama,  Trace kembali menemukan lempengan Tjipetir di bagian pantai lainnya .Dengan rasa penasaran Tracey Williams coba membuat sebuah penelitian terhadap penemuannya ini (baca:lempengan Tjipetir) . Menurut Trace Williams Lempengan persegi ini seperti terbuat dari karet karena terasa kenyal pada saat di sentuhnya.

Temuan itu kemudian diupload dan di share di akun Facebook Williams dan tidak sedikit orang yang melihat gambar lempengan Tjipetir di timeline facebooknya itu lalu mereka juga melaporkan bahwa mereka menemukan lempengan yang serupa yang bertuliskan Tjipetir.

Dikutip dari detik.com , orang-orang yang menemukan lempengan Tjipetir ini bukan saja yang tinggal di Inggris, akan tetapi juga dari negara eropa lainnya seperti Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark.‘’Kami yakin kepingan persegi bertuliskan Tjipetir di pantai negara Eropa berasal dari pabrik Gutta Percha Sukabumi,’’ ujar Kepala Administratur (Adm) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Sukamaju, Budhi Herdiana Tresnadi, Selasa (2/12/2014).

Pabrik Gutta Percha Cipetir berada sekitar 12 kilometer dari pusat kota Kecamatan Cibadak , Sukabumi , Jawa Barat  dan Lokasinya berada di tengah-tengah perkebunan pohon Gutta Percha ( Masuk Daerah Cikidang ).

Terdamparnya lempengan persegi Tjipetir yang di pinggiran pantai bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, ada yang menyebutkan lempengan tersebut memang sudah berada di laut atau karena kapal pengangkut Gutta Percha karam karena tertembak pada masa perang dunia.

Keyakinan tentang lempengan Tjipetir berasal dari sukabumi ini didasarkan oleh sebuah fakta bahwa produksi Gutta Percha dengan tulisan Tjipetir hanya dihasilkan oleh pabrik yang ada di Sukabumi , Jawa Barat , Indonesia saja dan tidak ada di negara lain.

Foto : BBC

[AndriIdaman/HD]

 

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)