Wakil Walikota Depok Ikuti Test VCT HIV Di Hari AIDS Dunia

Wakil Walikota Depok Ikuti Test VCT HIV Di Hari AIDS Dunia

HarianDepok.com – Berita , Tanggal 1 desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Untuk melakukan pencegahan penyakit ini, dinas kesehatan kota depok menggelar voluntary conseling dan Testing (VCT). M idris abdul Somad selaku wakil walikota depok menjadi peserta pertama dalam VCT yang dilakukan di klinik pemerintah kota depok pada hari senin, 1 desember 2014. “VCT merupakan sukarela untuk memeriksa darah sehingga dapat mengetahui terkena AIDS atau tidak. “ ungkap wakil walikota depok.

Konseling dan juga test sukarela ini dalam rangka untuk memperingati hari AIDS sedunia tahun 2014 dengan tema cegah dan lindungi diri, keluarga, dan masyarakat dari virus HIV Aids dalam rangka perlindungan HAM. VCT merupakan sebuah pintu masuk penting untuk mengetahui, mencegah dan perawatan HIV AIDS. Karena VCT adalah sebuah pelayanan konseling dan tes HIV secara sukarela yang bersifat konfidensial dan secara lebih dini dapat membantu orang untuk mengetahui status HIV di dalam dirinya. Cara yang dilakukan adalah dengan cara mendeteksi adanya antibody HIV didalam sample darahnya.

Banyak orang yang selama ini belum menyadari resiko berperilaku terhadap kemungkinan untuk tertular ataupun menularkan HIV. Biasanya banyak orang yang tidak secara dini segera memperiksakan dirinya untuk test HIV perilakuknya tetap saja beresiko. Hal ini tentunya berkaitan dengan erat untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Semakin banyak kita mengetahui positif HIV adis akan semakin banyak hal positif yang bisa kita lakukan. “jangan takut melakukan VCT karena konseling dalam VCT dijamin kerahasiaanya dan tes ini merupakan sebuah dialog antara klien dengan petugas kesehatan” jelas walikota depok.

Idris juga menambahkan bahwa pentingnya ketahanan keluarga dalam menangulangi HIV AIDS. Dengan memberikan penjelasan yang benar tentang seks kepada anak-anak, hal ini dikarenakan anak-anak cenderung selalu ingin tahu dan mencoba untuk mengetahui sendiri. jika mereka tidak mendapatkanya dari guru atau orang tua, mereka akan mencarinya sendiri di luar baik melalui teman atau dunia maya. Hal inilah yang cenderung berbahaya karena tidak sesuai dengan pemahaman mereka. VCT ini juga diikuti oleh seluruh pegawai pemerintahan di kota depok.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: