Pemkot Depok Harus Lakukan Reformasi Birokrasi

Pemkot Depok Harus Lakukan Reformasi Birokrasi

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah kota (Pemkot) depok diharapkan untuk segera melakukan reformasi dalam pemerintahannya. Salah satu hal yang harus segera dilakukan adalah penguatan dan penataan organisasi yang lebih transparan dan juga lebih baik. Penataan tata laksana dalam hal administrasi kepegawaian elektronik. Hal ini lah yang sudah diungkapkan oleh hamzah selaku wakil ketua komisi A DPRD Depok pada hari minggu (30/11/2014).

Dia menambahkan penataan system manajemen sumber daya manusia (SDM) aparatur juga perlu dilakukan sebuah reformasi birokrasi. Seperti untuk promosi jabatan, penguatan assessment center, diklat fungsional dan diklat penjejangan. Hal ini memungkinkan bisa sedikit mengurangi KKN (korupsi Kolusi Nepotisme) dan juga meningkatkan pelayanan public. Selain itu juga membuat tatanan birokrasi menjadi lebih baik.

“Sasaran reformasi birokrasi adalah terciptanya suatu pemerintahan yang bersih dan juga bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme, (KKN). Lebih dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatkan akuntabilitas kinerja birokrasi dan juga untuk meningkatkan kapasitas birokrasi” ungkapnya. Hamzah juga menambahkan selain itu juga harus dilakukan pengisian lowongan jabatan secara lebih terbuka, peningkatan kemampuan PNS berbasis kompetensi, penetapan standar kompetensi. Ditambah penting juga untuk menegakan disiplin dan etika di kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

“lakukan penerapan diklat PNS berbasis kompetensi dan penegakan disipiln dan etika pegawai negeri sipil. Rotasi dan mutasi juga harus sesuai dengan kompetensi secara periodic” tambahnya. hamzah juga menambahkan pengembangan kebutuhan pegawai diharapkan juga dapat memberi prediksi kebutuhan pegawai sampai lima tahun kedepannya. Selain itu juga harus sesuai dengan kebutuhan nyata pemerintah daerah yang dihitung dari dasar beban kerja, evaluasi jabatan, analisis jabatan, dan standar kompetensi jabatan.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)