Calon Pendamping Ahok Di DKI Jakarta

ahok

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan dirinya telah mengajukan tiga nama calon Wakil Gubernur untuk mendampinginya di pemerintahan Ibukota Jakarta.

Sarwo Handayani disebut-sebut adalah calon Wakil Gubernur yang menurut Ahok adalah paling ideal mendampinginya. Ahok menilai Yani (sapaan akrab Sarwo Handayani) karena selama ini Yani paling mengerti kondisi DKI. Yani telah menjabat sebagai Kepala TGUPP DKI Jakarta dan kinerjanya dinilai baik oleh Ahok.

Mengenai calon lainnya, Ahok pun memberikan nama-nama yang menurutnya pantas menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Saya pernah ajukan Bambang DH (mantan Wakil Wali Kota Surabaya) dan Djarot (mantan Bupati Blitar), kalau boleh pilih. Yani (Kepala TGUPP DKI) juga sudah saya pilih, kecuali minus artis. Saya pernah ngomong siapa calon saya ya Djarot, Bambang DH, sama Sarwo Handayani,” kata Ahok.

Ia juga lebih memilih calon Wakil Gubernurnya dari kalangan orang-orang yang berpengalaman di pemerintahan.

“Kalau kamu enggak pernah jadi pejabat, kamu bisa ngomong apa saja hebat. Kalau kamu sudah jadi pejabat ketahuan, korupsi atau enggak, KKN atau enggak. Kalau kelihatan atau tidak kelihatan kamu pilih yang mana? Pilih yang belum pernah berkuasa, kamu musti tebak-tebakan loh, tapi kalau sudah pernah berkuasa beda,” imbuhnya.

Perihal kabar dicalonkannya Boy Bernadi Sadikin dari PDI Perjuangan, Ahok mengatakan bahwa hal itu bukan keinginan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Hal itu dikatakannya usai menyambangi rumah Mega Kamis siang.

“Biasalah kan saya lihat berita, seolah-olah mengklaim Ibu Megawati mengatakan calon saya Boy Sadikin, ya saya kaget. Saya tahu Ibu Mega orangnya tidak begitu. Ibu Mega juga tahu secara konstitusi dan di undang-undang sudah jelas yang berhak menentukan wakil gubernur itu saya,” kata Ahok.

Ditanya pengalaman Boy Sadikin Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Ahok mengatakan, “Saya bukan enggak suka, saya baik-baik saja (dengan Boy Sadikin). Kan saya sudah kasih kriteria. Saya ingin kepala daerah yang teruji. Abraham Lincon sudah ngomong, kalau kamu mau menguji karakter seseorang, beri dia kekuasaan,” bebernya.

Dikatakan Ahok, Mega sudah mengetahui kriteria calon pendampingnya untuk memimpin DKI tiga tahun ke depan.

“Saya rasa Ibu Mega sudah tahu itu. Dia mau mengusulkan seperti apa tipenya. Makanya saya kaget saja (ada nama boy), saya cuman mau pastiin saja. Saya kenal baik (dengan Mega), ternyata enggak tuh (tidak mencalonkan Boy),” tuturnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: