BPOM Dukung Produsen Jamu Dengan Beri Insentif Pembinaan

BPOM Dukung Produsen Jamu Dengan Beri Insentif Pembinaan

HarianDepok.com – Bisnis , Industri jamu di Indonesia dipercaya dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Charles Saerang selaku ketua gabungan pengusaha jamu dan juga presiden Direktur PT Nyonya Meneer mengatakan bahwa saat ini industry jamu dan keturunannya dapat menghasilkan omzet mencapai Rp 14 Triliun  per tahunnya. Menurut Saerang, potensi yang dihasilkan oleh produksi jamu ini jika didukung oleh pemerintah bisa mencapai omzet sebesar Rp 80 Triliun per tahunnya.

Untuk menanggapi masalah tersebut, Roy Alexander Sparingga selaku Kepala Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) berjanji akan memberikan insentif yang lebih baik kepada para produsen jamu di Indonesia. Namun insentif yang dimaksud oleh Roy merupakan bukan insentif untuk masalah pendanaan. Tetapi sejauh ini, BPOM akan melakukan insentif yang berupa sebuah pembinaan kepada para produsen jamu.

“Dalam kaitan ini kami ingin sekali secara bersama-sama untuk mendukung produksi jamu di Indonesia. Jamu merupakan warisan budaya dapat dijadikan kesempatan yang besar untuk memajukan perekonomian Indonesia. Saya yakin, kita harus melakukan promosi secara besar-besaran dan terus menerus, itu penting dan harus selalu dilakukan. Ini akan memberikan manfaat yang besar nantinya” ujar Roy yang berada di pelataran kantor kemenko perkonomian Jakarta pada hari rabu (26/11/2014). Adapun pembinaan yang dimaksud adalah berupa pembinaan mengenai sanitasi, penggunaan bahan yang aman bebas cemaran dan masa kadaluarsa.

Dalam melakukan pendampingan produsen jamu dan pengusaha jamu, BPOM tidak melakukanya secara sendirian. Pihaknya akan mencoba untuk menggandeng kementerian perdagangan, kementerian kesehatan, koperasi, UKM,  dan berbagai pihak yang terkait. Tetapi dari pihak BOM akan diusahakan lebih proaktif. “Yang terpenting ada intergritas. Programnya juga harus terpadu. Jadi harus terlaksana dengan baik.” Ungkap Roy. “ selama ini kita hanya terdiam saja, sekarang harus lebih proaktif. Termasuk asosiasinya juga. Tentu dengan demikian, ada perubahan yang akan lebih mengangkat mereka” ungkapnya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok