INACA Ajukan 3 Permintaan Untuk Hadapi Open Sky 2015

INACA Ajukan 3 Permintaan Untuk Hadapi Open Sky 2015

HarianDepok.com – Bisnis , Indonesia national Air Carriers Assosiation (INACA) berharap masih tetap bisa bersaing dengan pemain industry penerbangan di seluruh ASEAN. Ketika kesepakatan mengenai kawasan bebas terbang (Open Sky) mulai diberlakukan pada tahun 2015 yang akan datang. Ini merupakan dukungan nyata kebijakan pemerintah  nantinya. “Agar bisa kompetitif seperti negara lain, terutama di kawasan ASEAN. Dalam rangka mulai diberlakukannya Open Sky ada tiga hal yang kami minta dari pemerintah” ungkap Arif Wibowo selaku ketua umum INACA pada hari selasa (25/11/2014).

Ungkap arief tiga permintaan itu adalah penghapusan bea masuk pembelian pesawat dan komponennya, insentif untuk harga avtur dan perpajakan untuk sewa pesawat dari luar negeri. Industri penerbangan di Indonesia membutuhkan dukungan pemerintah bila ingin tetap bisa bersaing dengan pelaku industry penerbangan dari Negara lainnya. Menurut arief di Negara lain dukungan pemerintah terhadap penghapusan pajak pertambahan nilai dan bea masuk sudah mulai diberlakukan.

“Dari Pihak menteri keuangan dan menteri perekonomian sudah menjanjikan untuk mulai mendukung industry penerbangan di Indonesia. Kami akan melakukan pertemuan lagi dengan pihak Menkue dan  Menko untuk pembahasan lebih lanjut lagi minggu yang akan datang” ungkap Arief. Emirsyah Satar selaku Direktur utama PT Garuda Indonesia (persero) tbk mengatakan bahwa ia tak sependapat jika INACA yang meminta perlindungan dari pemerintah.

“Kami tidak minta untuk dilindungi tetapi hal ini dikarenakan kami ingin bermain sama dengan Negara-negara lain supaya lebih kompetetif” ungkap Emirsyah. Sementara itu, Sofyan Djalil selaku menteri coordinator bidang perekonomian saat ini belum bisa menentukan bentuk dukungan pemerintah bagi industry penerbangan dalam menghadapi kesepakatan Open sky. “Minggu depan akan ada solusi supaya industry penerbangan di Indonesia bisa terbantu dari beban-beban yang tidak perlu selama ini” jelas Sofyan.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer