Pemkot Depok Terapkan Perda Air Tanah Untuk Menjaga Lingkungan

Pemkot Depok Terapkan Perda Air Tanah Untuk Menjaga Lingkungan

HarianDepok.com – Berita , Dalam waktu dekat pemerintah kota depok akan menerapkan peraturan daerah yang akan membahas mengenai air tanah. Peraturan daerah ini dikeluarkan sebagai rasa peduli terhadap lingkungan khususnya mengenai kelestarian air tanah. Perda ini akan segera diterapkan pada tahun 2015 yang akan datang. Sementara itu mulai bulan desember yang akan datang, pemerintah kota depok akan mulai melakukan sosialisasi di masyarakat.

“Peraturan daerah tentang air tanah harus diketahui oleh masyarakat umum, khususnya untuk perusahaan. Pertimbangan yang sangat mendasar dengan keluarnya perda ini adalah digunakan untuk menjaga kelestarian air tanah. “ ungkap yulistiani Mochtar selaku Kepala dinas Bina marga dan sumber daya Air (BMSDA) pada hari selasa, 25 november 2014. Selain itu dia juga mengatakan bahwa jika perda ini sudah berlaku pajak air tanah akan dinaikan dari harga normal.

Awalnya pajak untuk air tanah sebesar Rp 500 per meter kubik dan akan dinaikan menjadi Rp 7000 per meter kubik. Hal ini dihimbaukan kepada perusahaan untuk lebih menggunakan air dari PDAM daripada menggunakan air tanah. “saat ini kami sudah mulai berkoordinasi dengan perusahaan air minum daerah (PDAM) untuk segera menambah titik pelayanan. Sehingga para perusahaan dapat menggunakan air PDAM sementara air tanah hanya digunakan sebagai air cadangan saja” ungkap Yulis.

Yulis juga berharap dengan adanya perda mengenai air tanah ini dapat membuat pemanfaatan air tanah dapat lebih dikendalikan dengan bijak. Konservasi air tanah harus dapat diarahkan untuk mendukung upaya menjaga berkelangsungan daya dukung, keberadaan dan fungsi air tanah sendiri. penggunaan air tamah untuk rumah tangga dan perusahaan sekarang semakin meningkat, melihat semakin padatnya penduduk di kota-kota besar. Tetapi disisi lain keberadaan air tanah semakin menipis. “Jangan difokuskan dengan meningkatkan harga pajak air tanah, tetapi diharapkan partisipasi masyarakat untuk bisa lebih menjaga air tanah”ujarnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: