Indonesia Berpeluang Menjadi Negara Perakitan Mitsubishi Pajero

Indonesia Berpeluang Menjadi Negara Perakitan Mitsubishi Pajero

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) nomor 80 tahun 2014 yang disahkan oleh Menteri Perindustrian Periode 2009-2014, MS Hidayat, pemerintah Indonesia akan mengurangi dan menarik kendaraan berpenggerak empat roda (4×4). Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kegiatan impor yang dilakukan secara terus menerus oleh Indonesia. Lebih rinci lagi, pada pasal 17 ayat 3, disebutkan bahwa dalam kegiatan impor kendaraan dalam kondisi terpisah atau tidak utuh. Kondisi tersebut  body sudah dilas atau pun dicat hanya bisa di impor untuk beberapa model saja.

Model tersebut adalah passanger car kurang dari 10 orang jenis sedan berkapasitas mesin 1. 500 cc ke atas. Selain passage car, terdapat juga pengangkutan orang kurang dari 10 orang. dengan kata lain kendaraan tersebut menggunakan system penggerak roda (4×4) yang kapasitas silindernya lebih dari 1.500 cc. dengan demikian, penanaman investasi perlu dilakukan oleh agen tunggal pemegang erk (ATPM) yang tentunya akan lebih murah jika perakitan dilakukan di kawasan lokal.

Salah satu merk yang fokus terhadap sector 4×4 adalah Mitsubishi. Kekuatan utama Mitsubishi di dunia otomotif berada pada kendaraan 4×4. Dimana sejarah dimulai dari Pajero sport yang telah menjuarai rally Dakar. Begitu pula di Indonesia, masyarakat telah memberikan kepercayaan berkendara di segala medan dengan menggunakan Pick ip Strada Triton, begitu pula pada perusahaan di bidang perkebunan ataupun pertambangan. Itulah diferensiasi yang Mitsubishi ciptakan terhadap produsen mobil lainnya.

Pertanyaan perakitan pajero di kawasan lokal tersebut diajukan kepada general Manajer eksekutif MMC Divisi Pemasaran KTB. Berdasarkan keterangan Konsei Tamaki pihak Mitsubhisi belum memiliki keputusan apapun menyangkut perakitan di Indonesia. Namun hal tersebut bisa sangat menarik jika biaya yang dikeluarkan produksi mobil (4×4) menjadi lebih ringan. Saat ini Pajero masih tetap mengandalkan pabriknya di Thailand untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia terhadap Pajero Sport Dakar dan Strada Triton. Hal itu dikarenakan bea masuk yang sebesar 0 persen tentunya saat menguntungkan mengingat Thailand dan Indonesia merupakan anggota ASEAN.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)