Nvidia Dan Samsung: Saling Perang Tuntutan Ke ITC

Nvidia Dan Samsung: Saling Perang Tuntutan Ke ITC

HarianDepok.com – Tekno , Persaingan teknologi antar produsen gadget semakin memanas. Hal itu dibuktikan oleh laporan dari Samsung yang melaporkan produsen mikroprosesor Nvidia yang telah menjual prosesor dan chip mobile-nya, tegra di Amerika serikat. Samsung mengklaim bahwa produk prosesor dan chip mobile-nya yang di jual di Amerika tersebut merupakan hak paten milik Samsung. Dengan demikian Nvidia dianggap telah melanggar 6 hak paten milik Samsung. Berdasarkan klaim Samsung tersebut, Nvidia telah dilaporkan oleh Samsung. Samsung telah mengajukan tuntutan kepada ITC (komisi Perdagangan Internasional) Amerika Serikat. Samsung mengajukan permohonan kepada komisi Perdagangan Internasional (ITC) untuk melarang Nvidia yang merupakan produsen mikroprosesor agar tidak menjual produk prosesor dan chip mobilenya di Amerika Serikat

Samsung mengajukan tuntutan pelarangan menjual produk prosesor dan chip mobile kepada beberapa vendor GPU. Dimana diketahui GPU merupakan Graphics Processing Unit yang dalam bahasa Indonesianya adalah unit pengolahan grafis. Perangkat ini merupakan CPU tambahan atau sering juga disebut co-processor. Para vendor tersebut adalah yang dilaporkan oleh Samsung adalah vendor yang menggunakan teknologi Nvidia, seperti vendor Biostar dan Evga.

Selain GPU terdapat juga perangkat yang dilaporkan oleh Samsung. Samsung mengklaim bahwa perangkat-perangkat lain seperti Konsol Ouya yang menggunakan Chipset Tegra 3 yang beredar di Amerika serikat juga melanggar hak paten Samsung. Dengan demikian para vendor penghasil konsul ouya dan GPU Nvidia terancam akan hilang dari peredaran di amerika serikat. Pelarangan tersebut akan semakin kuat jika tuntutan Samsung kepada komisi perdagangan Internasional (ITC) dikabulkan. Secara otomatis vendor-vendor tersebut akan dilarang menjual GPU d AS.

Di pihak lain, Nvidia telah memperkirakan bahwa Samsung akan mengambil keputusan untuk mengajukan tuntutan ke ITC. Hal itu disebabkan oleh pihak Nvidia yang telah lebih dulu mengajukan tuntutan kepada Samsung terhadap ITC. Berdasarkan Nvidia Samsung juga telah melanggar 7 paten mengenai produk teknologi GPU. Nvidia menduga sejumlah perangkat Samsung pada Galaxy Note 4, Note edge dan S5 telah menggunakan teknologi Nvidia tanpa izin terlebih dahulu.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok