Tanda Tangan Terkumpul, DPR Siap Interpelasi Jokowi

Tanda Tangan Terkumpul, DPR Siap Interpelasi Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Koalisi Merah Putih (KMP) nampaknya menunjukkan kebulatan tekad untuk meninterpelasi Presiden Joko widodo (Jokowi). Hal ini ditandai dengan terus dilakukannya upaya pengumpulan tanda tangan anggota dewan yang tergabung dalam fraksi di KMP.

Seperti sudah diketahui, hak interpelasi yang melekat pada DPR kali ini akan digunakan untuk mempertanyakan alasan pemerintah mencabut subsidi BBM dan menaikan harga BBM pada pekan lalu.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Desmond Junaidi Mahesa yang merupakan anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, bahwa rakyat merasa terbebani dengan kebijakan pemerintah baru-baru ini. Gelombang penolakan dan berbagai pertanyaan disampaikan oleh rakyat melalui berbagai media protes. DPR merasa perlu untuk mempertanyakan kebijakan tersebut, sebagaimana yang dikehendaki oleh rakyat Indonesia. “ Itulah dasar hak ini digunakan, yaitu untuk mewakili rakyat“ jelas Desmond.

Pada saat yang sama, Ade komarudin, Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI mengatakan “kami seluruh pemimpin fraksi (Golkar, PKS, Gerindra dan PAN) sepakat untuk memfasilitasi hak anggota DPR untuk menggunakan hak interpelasi guna mempertanyakan kebijakan pemerintah menaikkan BBM bersubsidi. Hak tersebut akan kami sampaikan pada Rabu (26 November) ke pimpinan DPR“.

Gelombang protes yang terus dilakukan oleh masyarakat dari berbagai elemen saat ini menandakan ketidakinginan masyarakat atas kebijakan Pemerintah mengenai kenaikan BBM. Pesan ini yang ingin disampaikan oleh anggota DPR atas ketidakmengertian rakyat akan alasan pemerintah menaikkan BBM. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Jazuli Juwaini, Ketua Fraksi PKS “ banyak masyarakat yang tidak mengerti tentang alasan pemerintah menaikkan harga BBM“.

Anggota DPR yang tergabung dalam KMP, berargumen tidak akan membiarkan permasalahan ini berlanjut yang justru dampaknya kurang baik. Maka mereka bersepakat untuk menempuh langkah interpelasi kepada Pemerintah, sebagai bagian dari Hak Konstitusi anggota DPR.

Jazuli menegaskan “ kami tidak mungkin membiarkan, langkah apapun yang sesuai konstitusi akan kami gunakan“.

Pernyataan sikap KMP tersebut disampaikan melalui konferensi pers pada Senin (24/11/2014) bertempat di Kantor fraksi Golkar, Gedung  Nusantara I, Komplek DPR RI Jakarta.

Adapun anggota DPR yang hadir dalam penggalangan tanda tangan ini, ada yandri Susanto dan Totok daryanto (Fraksi PAN), Misbakhun dan Bambang Soesatyo(Fraksi Golkar), Jazuli Juwaini dan Aboe bakar Alhabsy (Fraksi PKS).

Jumlah minimal dukungan yang harus diperoleh adalah 25 tandatangan, dan saat ini sudah terkumpul 18 tanda tangan. Begitu sudah memenuhi, pengajuan ini akan dibawa ke pimpinan DPR.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)