Gempa Besar 6,8 Skala Richter Mengguncang Jepang

Gempa Besar 6,8 Skala Richter Mengguncang Jepang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Negeri Sakura Jepang kembali diguncang Gempa bumi. Sabtu malam (22/11/2014) sekitar pukul 22.00 waktu setempat, Daerah Perfektur Nagano Jepang diguncang gempa bumi dengan catatan awal 6,8 Skala Richter.

Seperti dilansir dari NHK, Badan Meteorologi Jepang tidak mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan adanya tsunami. Selain itu kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut belum dapat dipastikan.

Tiga hari sebelumnya, daerah Jepang bagian utara sekitar daerah Prefektur Fukushima juga diguncang gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter. Meskipun demikian, tidak ada peringatan tentang tsunami.

Sementara ini, tercatat sekitar 44 warga jepang mengalami luka-luka, 7 diantaranya cukup serius karena tertimpa material bangunan. Kerusakan yang diakibatkan gempa di daerah Prefektur Nagano ini belum dihitung kepastiannya, namun cukup terlihat dari banyaknya rumah-rumah yang mengalami kerusakan.

Gempa juga mengakibatkan kereta bawah tanah berhenti, namun sampai saat ini belum ada keterangan tentang kerusakan dan korban dari kejadian tersebut.

Selain itu, Sumber energi listrik Jepang yang menggunakan reaktor nuklir pun dilaporkan dalam kondisi yang aman, hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Tokyo Electric Power Co (TEPCO), Kashiwazaki Kariwa, bahwa tidak ada tanda-tanda penyimpangan di pabrik nuklirnya. Pemeriksaan terhadap fasilitas pabrik telah dilakukan dan masih aman terkendali.

Pada 11 Maret 2011 silam, pesisir utara Jepang tersebut diguncang gempa bumi yang terkuat dilanda oleh Jepang, yaitu berkekuatan sekitar 9 pada Skala Richter. Gempa tersebut juga memicu tsunami besar dan menimbulkan fasilitas nuklir yang rusak parah. Hal ini juga disebut-sebut sebagai krisis nuklir terburuk sejak insiden Chernobyl 25 tahun lampau.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: