Prosesor Mobile Terbaru dari AMD Bukan Untuk “Smartphone”

Prosesor Mobile Terbaru dari AMD Bukan Untuk “Smartphone”

HarianDepok.com – Tekno , Pabrik hardware yang telah secara resmi mempromosikan akan adanya APU (Accelerated Processing Unit) bernama Advance Micro Device (AMD), mengeluarkan jenis mobile terbaru dari APU tersebut bertipe Carrizo dan Carrizo-L. Dua tipe dari APU tersebut telah dibentuk untuk diluncurkan oleh AMD untuk perangkat desktop PC (all-in-one) dan mobile. Jumat, tanggal 21 November 2014, Joe Macri kepala chief teknologi dari AMD berbagi akan pandangannya dengan salah satu media social yaitu Kompas Tekno, yaitu tepatnya di sebuah acara Future of Compute yang diselenggarakan di Negara Singapore.

Jenis mobile terbaru APU tipe Carrizo ini, dirancang untuk mobile yang memiliki produktivitas dengan ukuran tipe mobile yang lebih besar dan memiliki pendingin aktif seperti kipas. Jadi secara pastinya, APU tipe Carrizo bukan digunakan untuk perangkat mobile dengan bentuk factor yang memiliki ukuran kecil seperti halnya phalbet ataupun smartphone, ujar dari Macri. Macri juga mengatakan dalam acara tersebut tentang kepastian bentuk dari Carrizo. Katanya, Carrizo memiliki bentuk seukuran dengan tablet dari Asus Transformers tipe T100. Sehingga Carrizo sudah pasti tidak untuk digunakan dengan perangkat mobile yang bentuk faktornya kecil

Macri juga mengatakan bahwa perangkat mobile yang memiliki ukuran lebih kecil, pabrik AMD telah memberikan solusi dari masalah tersebut. AMD kemudian menampilkan solusi dari mobile APU yang berukuran lebih kecil, yang bisa digunakan untuk perangkat mobile seperti fanless atau mobile yang perangkatnya tidak menggunakan kipas pendingin. Namun, tentunya ukuran dari mobile fanless APU tersebut memiliki ukuran di bawah 10 inci. Dan bentuk factor dari perangkat tentunya juga tidak bisa maksimal dalam penggunaannya. Untuk itu perangkat mobile yang memiliki ukuran diatas dari 10 inci, sebaiknya menggunakan APU Carrizo sehingga mobile yang anda punya memiliki karakteristik yang thermal, dan energi dari cara konsumsinya juga harus disesuaikan dengan bentuk tablet ukuran 10 inci keatas. Ini akan memberikan perangkat memiliki produktivitas yang handal serta active cooling (menggunakan kipas).

Kesimpulan yang dapat diambil dari perkataan Joe Macri bahwasanya Carrizo hanya bisa digunakan untuk jenis tablet yang memiliki ukuran bentuk diatas 10 inci dan untuk dibawah dari ukuran tablet 10 inci ini tentu tidak bisa menggunakan APU terbaru dari AMD. AMD berharap bahwa dengan meluncurkan APU tipe Carrizo diharapkan bisa membuat gebrakan untuk pabrik yang akan merancang berbagai macam produk mobile, dengan sistem mobile untuk digunakan pada kalangan konsumen dan komersial. Sedangkan spesifikasi dari APU Carrizo, pabrik hadware AMD mendukung akan perangkat Carrizo pada Microsoft DirectX 12, AMD Freesync, OpenCL 20.0, dan AMD Mantle. Carrizo yang dikenalkan oleh AMD juga mendukung untuk system operasi pada Microsoft di masa yang akan datang, misalnya windows 10. Prosesor dari Carrizo akan berintergrasi dengan CPU dengan menggunakan sandi “excavator”, dengan dangrafis Radeon pertama AMD juga mengusung konsep tentang HSA 1.0  (heterogeneous system Architecture). Dan perangkat yang menggunakan tipe Carrizo diharapkan akan diluncurkan dipasaran pada pertengahan dari tahun 2015 yang akan datang.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)