Pihak Toyota Meminta Dukungan Pemerintah Soal Bahan Bakar Alternatif

Pinta Dukungan Pemerintah, Pihak Toyota Soal Bahan Bakar Alternatif

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Para pelaku dari pihak industri otomotif sedang melakukan pengajuan akan harapan yang diinginkan dari pihak Pemerintah Indonesia atas dukungannya untuk kebijakan serta dukungan dalam pengembangan kendaraan yang ramah akan lingkungan serta dalam bahan bakar alternatifnya. Jalan ini di pinta dari pihak industri bukan hanya untuk diperlukan dalam menunjang dari program pemerintah dalam hal penggalangan dari penggunaan energi alternative, akan tetapi juga digunakan sebagai cara untuk meningkatkan daya saing antar industri otomotif di kalangan nasional dalam menghadapi sebuah trend pasar global yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Direktur dari pihak TMMIN (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia) I bernama Made Dana Tangkas menyatakan dalam sebuah acara KIIC yang diselenggarakan di Pabrik Toyota yang ada di Karawang dengan dihadiri oleh menteri perindustrian yaitu Saleh Husein, Made menyatakan bahwa pihak TMMIN I tersebut siap dan bersedia sebagai salah satu pelaku yang akan mendukung dari program pemerintah akan efisiensi dalam penggunakan adanya BBM (bahan bakar minyak), serta pemakaian dari energi lain seperti etanol dan gas.

Banyaknya produsen otomotif yang berpacu dalam mengembangkan berbagai teknologi untuk bisa dijadikan penghematan BBM dengan selain menggunakan hibrida, produsen berbagai mobil juga ingin mengembangkan teknologi BBM dari etanol dan gas untuk dijadikan bahan bakar hidrogennya. Untuk itu pihak dari Toyota telah berhasil membuat dan mengembangkan bahan hidrogen tersebut ke produk buatannya seperti mobil Toyota jenis Mirai. Adapun konsep dari peluncurannya yang bernama FCV ini, yang telah dipamerkan dalam international Indonesia motor show (IIMS) pada bulan September tahun 2014 lalu.

Toyota yang ada di Indonesia sendiri telah mempunyai banyak kemampuan dalam memproduksi mesin untuk kendaraan yang memiliki bahan etanol. Karenanya, pasar yang belum banyak tersedia di dalam negeri, maka dari itu mesin yang berbahan etanol tersebut di ekspor ke Negara tetangga seperti Amerika Latin yaitu wilayah Argentina. Begitu juga saat-saat tahun terakhir, TMMIN juga telah mengekspor bahan bakar etanol ke Negara tersebut dan dilakukan secara kontinu, ujar dari Made. Mesin yang berbahan etanol tersebut digunakan untuk mobil Toyota jenis Hilux yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, pihak TMMIN juga berhasil mengembangkan dalam pemakaian bahan bakar jenis gas alam (Compress Natural Gas/CNG) untuk digunakan pada kendaraan yang di produksi oleh Indonesia seperti Agya dan limo.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: