Ini Yang Diperjuangkan Ibu Susi Untuk Nelayan RI

Ini Yang Diperjuangkan Susi Untuk Nelayan RI

HarianDepok.com – Bisnis , Konsentrasi Ibu Susi untuk memperbaiki kesejahteraan nelayan rupanya bukan hanya sekedar wacana. Sebagai pelaku dibidang bisnis penangkapan ikan yang banyak bersinggungan dengan nelayan, membuatnya memahami apa yang menjadi kesulitan para nelayan.

Jum`at (21/11/2014) pagi hari tadi Menteri Kelautan dan Perikanan itu mendatangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. Kedatangannya bermaksud untuk membahas soal akses pembiayaan di sector perikanan, terutama bagi nelayan kecil. Selain itu, Susi juga membahas dengan jajaran komisioner OJK tentang model bisnis yang bisa dipakai untuk mendorong kesejahteraan nelayan.

Kepada para wartawan, Susi menyampaikan “ jadi, alat tangkapnya dibantu. Kemudian, fasilitas utilisasinya (dibantu dengan yang) lebih modern, seperti  mesin es, pasar ikan, lalu kapal besar itu dengan cold storage-nya. Kalau nelayan kecil, paling senang, paling tidak, ada mesin es di kecamatan, lalu kemudian pasar ikan, walaupun kecil, 5 X 10 meter paling tidak. Itu ada untuk mereka supaya bisa taruh produknya“.

Lebih lanjut,Susi menyatakan tentang pentingnya pembinaan dari pemerintah dan lembaga keuangan setelah kredit diluncurkan. Menurut Susi, adanya perbedaan kultur antara nelayan di pantai utara Jawa dan pantai Selatan Jawa yang berbeda.

Susi mengungkapkan “ di utara, kita akan lakukan pembinaan karena di utara sedikit beda gaya hidupnya dari selatan“. Susi menambahkan “ di utara, lelaki lebih `kuat`. Duitnya lebih cepat habis.

Sementara itu, Lucky FA Hadibrata dari Dewan Komisioner OJK membenarkan apa yang disampaikan oleh Menteri Perikanan dan Kelautan tersebut. Lucky menyampaikan hasil pertemuannya  “Tadi ada di beberapa tempat, seperti di Simeulue (salah satu Kabupaten di Aceh), dan Pangandaran lalu dijelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi nelayan selatan (Jawa) dan utara. Kita akan lihat model yang disepakati (sebagai model pembiayaan)“  .

Dalam pembicaraan tersebut, Susi juga menyampaikan tentang banyaknya model bisnis pembiayaan di kampung nelayan  yang berhasil. Pertemuan kali ini menjadi salah satu langkah dari Susi untuk memenuhi mimpinya tentang target ekspor kelautan ke Korea lebih dari Rp. 900 miliar.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok