Jembatan Irigasi Situ Cilodong Dijebol Akibat Saluran Irigasi Meluap

Jembatan Irigasi Situ Cilodong Dijebol Akibat Saluran Irigasi Meluap

HarianDepok.com – Berita – Cilodong , Beberapa kota di seluruh daerah Indonesia sudah mulai turun hujan. Turunnya hujan yang cukup deras kemarin membuat saluran irigasi situ cilodong meluap dan banyak sampah. Luapan itu membuat jembatan irigasi tersebut dijebol oleh satgas banjir kota depok, karena air meluber ke permukaan mengenai rumah warga dan juga kebun di daerah RT 06 RW 04 kelurahan kalibaru kecamatan cilodong.

Burhanudin selaku Ketua lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) kelurahan kalibaru mengatakan meluapnya air irigasi  tersebut dikarenakan volume air yang berasal dari kiriman Situ cikaret ke cilodong sangat besar dan juga disertai dengan sampah yang sangat banyak. “Sekitar jam tiga dini hari air irigasi meluap, ditambah dengan air kiriman dari situ cikaret yang pintu airnya dibuka dan mengalirnya ke arah situ cilodon. Penanganan pertama yang dilakukan adalah dengan cara membuka pintu air situ cilodong untuk dapat mengurangi luapan air yang sangat deras dan juga menghilangkan sampah supaya tidak mampet ujar baharudin pada hari kais, 20/11/2014.

Burhanudin menambahkan untuk mengurangi luapan air, dia langsung meminta tolong kepada satlankar kota depok untuk membersihkan sampah di situ dan juga meminta tolong satgas banjir untuk membobol jembatan irigasi yang banyak terdapat sampah yang mengakibatkan saluran air menjadi mampet. “saya langsung menghubungi satgas banjir, satlankar dan tagana kota depok. Terpaksa jembatan saluran irigasi harus di bobol supaya air tidak cepat meluap. Sekitar kurang lebih 13 orang satgas banjir turun ke lapangan dan satu truk pengangkut sampah” ungkapnya.

Jembatan irigasi tersebut sebenarnya memang sudah rusak. Rencananya akan diperbaiki dan saat ini LPM kota baru juga sudah mengajukan proposal untuk perbaikan jembatan irigasi tersebut kepada dinas sumber daya air (SDA) kota depok. “sudah kami ajukan proposal kepada dinas sumber daya air, tetapi sampai saat ini belum ada respon dari pihak SDA. Keburu jebol jembatannya dan saat ini kami tidak membiarkan warga untuk melewati jembatan” ungkap bahrudin. Meluapnya situ cilodong itu membuat satu rumah warga terendam banjir dan juga kemasukan banyak sampah dari situ cilodong.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)