Disnakersos Depok Munculkan Sistem BKOL Untuk Para Pencari Kerja

Disnakersos Depok Munculkan Sistem BKOL Untuk Para Pencari Kerja

HarianDepok.com – Berita , Di zaman yang serba berhubungan dengan digital ini membuat Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Pemerintah Kota (Disnaker Pemkot) Depok ikut menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman ini. Disnaker pemkot depok membuat sebuah system yang digunakan untuk menjembatani para pencari kerja dan juga pemberi kerja. Sistem ini menggunakan kecanggihan internet yang mereka beri nama dengan Bursa Kerja Online (BKOL). Buat para pencari kerja terutama calon PNS mungkin sudah sangat hapal dengan syarat harus mempunyai kartu kuning. Untuk mendapatkan kartu kuning harus mengantri sangat panjang di dinas tenaga kerja.

Untuk mempercepat proses pembuatan kartu kuning tersebut, pihak disnaker pemkot depok membuat system bursa kerja online pada tahun 2014 ini. Dengan menggunakan BKOL para pencari kerja dapat memasukan  data pribadinya langsung melalui internet. Sehingga para pencari kerja bisa melakukannya dimana saja dan lebih efisien waktunya. Saat ini BKOL dapat dibuka di halaman depok.go.id pada jendela disnaker. Pada tahun 2015 yang akan datang, BKOL akan semakin dioptimalkan lagi cara kerjanya. Tak hanya lagi digunakan untuk mencari kerja, tetapi masyarakat bisa mendapat penghasilan sesuai dengan minat pekerjaan masing-masing.

Selain itu perusahaan juga akan mendapatkan kemudahan untuk mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. System itu akan disebut dengan job matching. “BKOL merupakan peningkatan pelayanan mutu untuk para pencari kerja. Saat ini pengangguran di kota depok sangat tinggi walaupun tingkat kemiskinannya rendah. Diharapkan BKOL akan mempertemukan antara perusahaan dan pencari kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran di kota depok dan selanjutnya akan meningkatkan kesejahteraan warga di kota depok,”ucap Diah Sadiah selaku  Kepala Dinaskersos pemkot Depok, saat berada di balai kota beberapa hari yang lalu.

Dengan system job matching, nantinya para pencari kerja yang mendaftar di disnarker akan mempunyai ID. Nomor tersebut digunakan untuk masuk ke halaman BKOL dan untuk memperbaharui datanya. Diharapkan para pencari kerja memasukan email atau nomor telepon. Sehingga para perusahaan bisa menghubunginya dengan mudah. 29% pengangguran di kota depok rata-rata merupakan lulusan SMK, oleh karena itu setiap ada acara job fair selalu ada perusahaan yang khusus untuk lulusan SMK>

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: