KPK Tak Dilibatkan Dalam Pemilihan Jaksa Agung

KPK Tak Dilibatkan Dalam Pemilihan Jaksa Agung

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Johan budi selaku juru bicara dari komisi pemberantasan korupsi mengatakan KPK tidak diminati pendapat oleh presiden joko widodo dalam proses untuk menentukan jaksa agung. Presiden jokowi memilh jaksa agung yang berasal dari politisi nasdem yaitu HM prasetyo. Menurut johan, presiden jokowi sama sekali tidak memberikan daftar nama-nama yang akan dijadikan calon jaksa agung untuk di telusuri rekam jejaknya terlebih dahulu oleh KPK.

“Sampai saat ini kami tidak dimintai pendapat soal pemilihan jaksa agung” ungkap johan pada hari kamis, (20/11/2014) malam. Selain itu dari pihak KPK juga tidak mendesak jokowi agar menyerahkan sejumlah nama sebagai calon jaksa agung yang akan ditelusuri rekam jejaknya oleh KPK karena itu merupakan kewenangan presiden. “Itu adalah hak prerogative presiden untuk memilih jaksa agung tanpa meminta tolong bantuan dari KPK atau tidak” ungkap johan.

Sebelumnya, Abraham Samad selaku ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK) mengatakan ke;utusan presiden joko widodo menunjuk HM prasetyo sebagai jaksa agung tidaklah tepat. Samad sangat menyayangkan bahwa jaksa agung yang terpilih berasal dari partai politik bukan independent. Menurut samad orang yang berasal dari partai politik biasanya akan mempunyai konflik kepentingan. Padahal menurut dia posisi jaksa agung harus diisi oleh seorang sosok yang berintegritas dan juga independent. Presiden joko widodo menunjuk HM prasetyo sebagai jaksa agung untuk menggantikan pelaksana tugas jaksa agung andhi nirwanto.

Prasetyo merupakan anggota DPR dari fraksi partai nasdem untuk periode 2014 sampai 2019. Dia sempat menjadi jaksa agung muda tindak pidana umum (Jampidum) pada tahun 2006. Dalam pemilihanya tersebut menurut Tedjo edhy selaku menteri coordinator politik, hukum dan keamanan, presiden mendapat masukan dari partai politik. Tetapi prasetyo dianggap mempunyai loyalitas, kredibiltas dan kapasitas sebagai jaksa agung. Pemerintah tidak mempermasalahkan prasetyo berasal dari partai politik.

image : kompas.com

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: