Dipenjara 10 Tahun Direktur Perusahaan Kapal Feri Sewol

Dipenjara 10 Tahun Direktur Perusahaan Kapal Feri Sewol

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pada hari kamis (20/11/2014) pengadilan korea selatan akhirnya menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada pimpinan perusahaan kapal sewol yang tenggelam dan juga menewaskan lebih dari 300 orang yang sebagian besar adalah siswa yang akan berlibur ke pulau jeju. Kim han sik (71) dinyatakan bersalah karena tidak menerapkan prosedur keselamatan secara benar di kapal sewol.

Dalam sebuah sidang terungkap bahwa kapal dimodifikasi untuk dapat memuat kargo lebih banyak. Pengadilan korea selatan mengatakan Kim Han Sik telah mengizinkan kapal feri tersebut secara rutin untuk dapat mengangkut muatan melebihi batas yang sudah ditentukan. Selain itu dia juga menyetujui renovasi illegal untuk dapat menambah kapasitas penumpang dari kapal feri sewol itu.

Stephen Evans salah satu Wartawan BBC yang berada di korea selatan mengatakan bahwa selama ini pihak-pihak yang disalahkan selalu terpusat kepada kapten dan anak buah kapal feri sewol yang telah tertangkap kamera meninggalkan kapal sementara itu para penumpang diperintahkan untuk tetap berada di atas kapal. “Namun pengadilan akhirnya memutuskan bahwa perusahaan juga melakukan kesalahan. Perusahaan telah membeli kapal feri sewol meskipun keadaanya sudah tua dan kemudian mengubahnya lagi menjadi bentuk feri supaya dapat mengangkut muatan lebih banyak lagi” lapor evans.

Pengadilan korea selatan juga mengatakan perusahaan seharusnya memastikan muatan cargo disusun secara benar. Dalam kenyatannya banyak seklai muatan mobil yang tergelincir dikapal dan membuat kapak semakin miring. Pada awal bulan ini kapten dari kapal feri sewol, Lee Joon Seok diberi hukuman 36 tahun penjara. Sedangkan pemilik perusahaan meninggal dunia ketika masih dalam proses pencarian (buron). Kapal feri sewol mengangkut 476 orang yang sebagian besar adalah siswa sekolah. Kapal tersebut tenggelam setelah kehilangan keseimbangan pada 16 april 2014.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)