Kenaikan Harga Cabai Bukan Karena Kenaikan BBM

HARGA CABAI MASIH STABIL

HarianDepok.com – Berita , Harga cabai dipasaran sudah melonjak sangat tinggi sejak beberapa hari yang lalu sebelum pengumuman kenaikan bbm. Kenaikan tersebut sebenarnya bukan dikarenakan oleh kenaikan bahan bakar minyak (bbm), tetapi dikarenakan oleh faktor cuaca yang tidak menentu dan membuat banyak cabai serta sayuran-sayuran banyak yang busuk. Sehingga membuat harga cabai dan sayuran lainnya melambung sangat tinggi.

“Harga yang kemarin itu bukan disebabkan oleh rencana kenaikan harga bbm. Tetapi karena pasokan bahan pokok yang semakin berkurang ditambah dengan faktor cuaca yang menyebabkan banyaknya cabai yang gagal panen” kata Martin Ho selaku kepala dinas perindustrian dan perdagangan ( Desperindag) kota depok pada hari selasa (18/11/2014). Namun saat ini ketersediaan bahan pokok di daerah masih aman.

“Kita melihat perkembangannya secara garis besar. Dimana stok bahan baku di daerah kota depok masih aman berdasarkan dari monitoring kira”ujar martin. Meski nantinya ada pengaruh terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm), tetapi untuk kebutuhan pokok tidak bisa disesuaikan dengan tarif angkutan yang akan mengalami kenaikan. Terutama untuk bahan pokok yang mudah rusak dan basi tidak bisa berpatokan dengan kenaikan harga tarif angkutan. Kenaikan ini tidak semata dikarenakan masalah angkutan. Terutama seperti bencana alam seperti banjir yang terjadi di lampung membuat kapal angkut untuk bahan pokok tidak boleh menyebrang.

Saat ini kota depok masih sangat berharap ada pasokan dari luar daerah. “hal itulah yang memacu harga cabai menjadi melambung sangat tinggi dan ketika harga bbm naik , harga cabai akan dinaikan lagi tetapi dengan harga berapa? Ucapnya. Dia menambahkan setelah dilakukan survey dibeberapa pasar dikota depok, disimpulkan bahwa kenaikan tersebut dikarenakan faktor cuaca dan pusat produksi. “Sehingga tingginya harga cabai tidak membuat orang untuk menanam cabai. Justru karena tingginya harga cabai membuat warga lupa untuk menanam cabai sendiri” ungkapnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)

One Response

  1. author

    infonitas.com3 years ago

    Sudah dipastikan imbas kenaikan bbm mempengaruhi semua kenaikan harga. bukan hanya karna paktor cuaca saja tp tidak bisa dipungkiri kedepan semua harga kebutuhan pokok pasti naik.

    baca berita megapolitan terupdate:
    http://www.infonitas.com

    Reply

Leave a Reply