Menteri ESDM Ingin Freeport Untuk Segera Bangun Smelter

Menteri ESDM Ingin Freeport Untuk Segera Bangun Smelter

HarianDepok.com – Bisnis , Sudirman said sebagai menteri Energi dan sumber daya mineral mengatakan bahwa dia akan memperjuangkan kepentingan Negara dalam sebuah upaya untuk menegoisasi dengan PT Freeport. Sudirman menambahkan bahwa ada tiga hal yang tidak bisa di tawar lagi yaitu salah satunya mengenai pembangunan smelter. “ untuk freeport yang tidak boleh ditawar lagi adalah mengenai pembangunan smelter dan local content harus segera dibangun. Sehingga manfaat untuk dalam negeri ada.” Ujar sudirman yang berada di istana kepresidenan pada hari rabu (19/11/2014).

Selain itu pemerintah harus memberikan pekerjaan rumah kepada Freeport yang sampai saat ini belum menyelesaikan masalah mengenai keselamatan kerja. “Freeport harus melakukan kerja keras untuk menyelesaikan masalah safety dalam keselamatan kerja karena sudah banyak peristiwa yang membahayakan para penambang” ungkap dia. Sampai saat ini pemerintah belum memutuskan untuk memperpanjang atau menghentikan kontrak dengan PT Freeport.

Kontrak karya kepada Freeport seharusnya selesai pada tahun 2021. Untuk memperpanjang kontrak tersebut harus dilakukan dua tahun sebelum masa kontrak habis yaitu di tahun 2019. Namun, saat ini pemerintah sempat mempersiapkan memorandum of undersyanding (MOU) terlebih dahulu pada saat masa pemerintah presiden SBY. Tetapi akhirnya sampai saat ini belum di tanda tangani.

PT Freeport menyepakati poin lain dalam kontrak. Seperti pembangunan smelter mineral emas di gresik, jawa timur, penggunaan tenaga kerja local dan juga produk dalam negeri sebesar 100 persen, menaikan royalty yang semula sebesar 1 persen menjadi 3, 75 persen dan melakukan divestasi saham sebesar 30 persen kepada pemerintah Indonesia. Dengan begitu ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh bangsa Indonesia, tidak hanya mengambil apa  yang ada di Indonesia.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)