Ponsel Android Nokia Akan Hadir Mulai Tahun 2016

Ponsel Android Nokia Akan Hadir Mulai Tahun 2016

HarianDepok.com – Tekno – Ponsel , Akhirnya nokia meluncurkan produk terbarunya setelah perusahaannya di akusisi oleh Microsoft. Dengan diluncurkannya tablet nokia N, sudah terjawab desain apa yang akan dikembangkan oleh nokia kedepannya. Saat ini unit perangkat dan juga layanan dari nokia sudah diakusisi oleh Microsoft. Perusahaan yang berasal dari finlandia itu kini hanya bisa menjual lisensi brand nokia ke pabrik perangkat lainnya.

Oleh karena itu untuk memproduksi nokia N1 ini, nokia bekerjasama dengan pabrikan yang berasal dari Taiwan yaitu foxconn. Dengan model bisnis yang seperti itu, nokia hanya bisa bertanggung jawab atas desain rancangan fisik dari perangkatnya saja. Sementara untuk urusan pemasaran, manufaktur, dan juga purna jual diserahkan langsung secara penuh kepada perusahaan rekannya.

Tetapi nampaknya nokia tidak hanya bergelut di pasar tablet saja. Tetapi ada kemungkinan nokia akan memproduksi model smartphone lainnya di masa yang akan datang. Nokia berpeluang untuk memproduksi perangkat smartphone dengan cara menjual lisensinya ke pabrikan lain yang akan mendapat bagian untuk merakitnya. President of nokia technologies, Ramzi haidamus mengatakan bahwa nokia akan terjun ke bisnis lisensi ponsel setelah hak atas merek nokia yang dipegang oleh Microsoft berakhir.

Microsoft sendiri saat ini masih mempunyai hak atas brand nokia sampai tahun 2016 yang akan datang. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan akusisi Microsoft atas nokia yang telah diselesaikan pada bulan april 2014 yang lalu. Dengan seperti itu, nokia tidak bisa memproduksi perangkat smartphone sampai tahun 2016 nanti. Tetapi setelah masa itu selesai, keputusan nokia untuk memproduksi perangkat dengan model lisensi akan banyak dipengaruhi oleh kesuksesan dari tablet N1. Kita lihat saja nanti apakah nokia akan merajai pasar smartphone lagi di tahun 2016 yang akan datang?

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: