Nokia Telah Lahir Kembali Dengan Tablet N1

Nokia Telah Lahir Kembali Dengan Tablet N1

Hariandepok.com – Tekno – Tablet , Nokia akhirnya hadir kembali ke bisnis perangkat dengan meluncurkan tablet yang diberi nama dengan N1, yang dikeluarkan pada hari selasa (18/11/2014). Perangkat ini menggunakan system android didalamnya. Setelah mereka mengoda dengan meluncurkan gambar kotak hitam pada website resmi mereka, akhirnya mereka meluncurkan perangkat baru tersebut. Ini adalah pertama kalinya nokia memperkenalkan perangkat androidnya setelah menjual divisi mobile mereka ke microsoft sebesar 7,2 miliar dollar AS.

Nokia NI merupakan sebuah perangkat yang mempunyai resolusi 2048×1536 pixels dan mempunyai layar dengan lebar 7,9 inci. Perangkat ini mempunyai ketebalan 6,9 mm dan berat sebesar 318 gram. Selain itu tablet ini merupakan perangkat pertama yang mengunakan konektor USB Type C reversible (bolak-balik). USB type C ini adalah standar konektor USB yang baru dan baru saja ditetapkan pada bulan agustus 2014 yang lalu. Saat ini belum banyak vendor perangkat yang menggunakan konektor jenis ini karena mereka masih menunggu ajang consumer electronic show (CES) pada tahun 2015 untuk memperkenalkan konektor tersebut.

Jika dilihat lagi, perangkat dari Nokia NI ini hampir sama dengan Ipad mini. Penggunaan konektor type C ini untuk lebih memudahkan pengguna dalam menyambungkan kabel konektor. Sebenarnya konektor jenis ini mendukung standar USB 3.1 dengan bandwidth  sampai 10 Gbps. Tetapi nampaknya nokia tidak memberikan dukungan itu di tablet N1 ini. untuk tablet N1 ini hanya menggunakan standar USB 2.0 yang lebih lama dengan mendukung kecepatan bandwitch yang rendah. Hal itu dikarenakan untuk mendukung kecepatan bandwitch 10 Gbps masih belum ada chipset yang digunakan.

Tablet nokia N1 ini mempunyai spesifikasi yang sangat bagus. Ni ini menggunakan jenis prosesor intel atom Z3580 2,4 Ghz quad core dan mempunyai RAM sebesar 2 GB. Untuk memori internalnya sudah mempunyai kapasitas 32 GB. Untuk masalah kamera, nokia N1 memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 Mega pixels dan kamera depan dengan resolusi 5 mega pixels. Nokia N1 ini sudah menggunakan jenis system android yang terbaru yaitu android 5.0 Lolipop sebagai system operasinya. Selain itu nokia N1 ini juga menggunakan perangkat lunak Z launcher yang merupakan buatan nokia dan mengedepankan gesture.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer