Honda Siap Pasarkan Mobil Hidrogen FCV tahun 2016

mobil hidrogen honda

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil, Senin (17/11/2014) di Jepang, Honda memperkenalkan prototipe FCV (Fuel Cell Vehicle). Sebelumnya juga saingan Honda yaitu Toyota telah membuaat mobil dengan konsep Fuel Cell juga yang diberi nama Mirai. Rencananya unit FCV dari Honda siap jual pada 2016. Sedangkan Toyota menargetkan untuk memasarkan Mirai pada tahun 2015.

Tahun lalu pada event Los Angeles Auto Show, Honda memperkenalkan mobil dengan konsep FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle). Konsep FCEV sendiri adalah hasil pengembangan model konsep FCX (Fuel Cell eXperimental) Clarity yang pernah muncul di Los Angeles Auto Show 2007. Sejak saat itu pengembangan teknologi terus dilakukan hingga saat ini menemukan konsep FCV. Pengembangan teknologi hydrogen sebagai tenaga pendorong utama pada mobil yang dikembangkan Honda lebih kepada efisiensi dan desain, terutama untuk meringkas ukuran baterai tapi tanpa memangkas daya.

FCV kini dilengkapi tabung bertekanan 70 Mpa atau 10.000 psi, kelebihan tabung ini adalah mampu menyimpan lebih banyak hidrogen. Honda mengatakan FCV mampu berjalan hingga menempuh 700 km untuk menghabiskan isi tabung. Selain itu Honda menyatakan bahwa pengisian ulang sangat cepat, hanya butuh sekitar tiga menit untuk memenuhi satu tabung.

Hasil pengembangan yang dilakukan hampir 7 tahun Honda untuk menciptakan mobil modern yang ramah lingkungan dan efisien tidak sia-sia. Baterai pada FCV yang telah disempurnakan diklaim lebih ringan 33 persen dibanding milik FCX Clarity dan tenaga yang dihasilkan setara dengan 134 tenaga kuda dan secara keseluruhan performa meningkat 60 persen.

Selain itu, Honda juga mengembangkan kemampuan FCV sebagai sumber energi berjalan sehingga FCV bisa diubah menjadi penyedia sumber listrik kapan saja bila dibutuhkan.

Sedangkan untuk produksi masal, Honda akan menargetkan pada 2015 FCV sudah bisa diproduksi sehingga awal 2016 sudah bisa dipasarkan.

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten