Basuki Tjahaja Purnama “Ahok” Resmi Dilantik Siang Ini Menjadi Gubernur DKI

Ahok Resmi Dilantik Siang Ini

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Hari ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo setelah sebelumnya resmi mendapakan surat Keputusan Presiden tekait jabatan Gubernur DKI Jakarta yang kosong. Pelantikan itu akan digelar siang ini sekitar pukul 14.00 WIB , Rabu ( 19/11/2014 ) di Istana Negara.

Ahok sebelumnya merupakan wakil gubernur DKI Jakarta dan menjalankan tugas-tugas Gubernur atau sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta menggantikan kepemimpinan Joko Widodo yang saat ini telah menjadi Presiden RI.

Meskipun sempat ditolak berbagai pihak untuk menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok akan tetap dilantik mengantikan Jabatan Wakil Gubernurnya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sempat terjadi demo besar untuk menolak Ahok sebagai gubernur Jakarta sebut saja Front Pembela Islam, Forum Betawi Rempug, Laskar Pembela Islam dan beberapa LSM di Jakarta bahkan dari DPR pun menolak untuk melantik Ahok.

“Pelantikan saya tidak ada hubungannya dengan DPR, DPRD, ataupun pihak-pihak yang berdemo menolak saya. Ini hubungannya dengan SK presiden saja, yang akan melantik juga presiden, berdasarkan SK presiden,” kata Ahok.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi saat ditemui setelah rapat tentang pelantikan Gubernur DKI Jakarta, mengatakan pelantikan Ahok akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB di Istana dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini sesuai Pasal 106 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, Gubernur akan dilantik oleh presiden dan pelantikan dilaksanakan di ibukota.

“Jadi tadi kita koordinasi untuk pelantikan Pak Ahok. Ada Pak Sekda, ada dari BKD, Setneg, koordinasilah segala macam untuk mengamankan DKI Jakarta,” tambahnya.

Pihak kepolisian sendiri juga telah menerima tudas untuk mengamankan pelantikan Gubernur pertama yang dilantik oleh Presiden ini. Dari informasi yang HarianDepok.com dapat, kepolisian akan menerjunkan sekitar 21 ribu personelnya yang terdiri dari 1.000 personel Mabes Polri, dan 20 ribu personel dari Polda Metro Jaya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: