Enam Langkah Yang Harus Dilakukan Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM

Enam Langkah Yang Harus Dilakukan Jokowi Untuk Mengatasi Kenaikan BBM

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Keputusan presiden jokowi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hari senin kemarin, kemungkinan akan menurunkan kepercayaan masyarakat kepadanya. Yudhie haryono sebagai salah satu Ahli ekonomi politik di pusat kajian pancasila dan kepemimpinan universitas muhammadiyah purwokerto mengatakan bahwa jokowi seharusnya mempunyai kebijakan yang berbasis kepada pancasila dan juga konstitusi untuk membayar dampak dari kenaikan bbm tersebut.

“Pertama, presiden jokowi harus renegosiasi seluruh kontrak karya jika jika dia tidak berani nasionalisasi asset yang strategis” ungkap yudie pada hari selasa (18/11/14). Kedua jokowi juga harus menghapus semua hutang yang selama ini membebani anggaran pendapatan dna belanja Negara (APBN). Ketiga, jokowi harus bisa memproteksi dan menyubsidi semua produk yang terdapat dalam negeri. Keempat, jokowi harus berani menyita semua asset dari koruptor dan juga obligator nakal. Kelima, tradisikan rasa nasionalisme pada semua aspek pendidikan baik formal, informal atau non formal. Keenam, proses nasionalisme berkelanjutan, tambahnya.

Menurut yudie jika langkah-langkah tersebut tidak segera dilakukan oleh jokowi jk, kepercayaan masyarakat akan semakin menurun drastis sedangkan gelombang neoliberal akan semakin meningkat dan mencekik semua lapisan masyarakat. “itu semua menyalahi janji-janji kampanye yang digalakan dengan revolusi mental sebagai sebuah usaha untuk menghasilkan mental yang revolusioner yang pro rakyat miskin, pro konstitusi, pro lingkungan, pro pemerataan, dan juga pro masa depan yang jelas terdapat di slogan jokowi yaitu jokowi adalah kita” kata yudie.

Sebelumnya, jokowi memberi penjelasan dengan keputusannya untuk menaikan harga bbm. Menurutnya Negara sekarang membutuhkan anggaran untuk sector produktif bukan ke sector konsumtif lagi, seperti untuk infrastruktur, membangun kesehatan dan juga pendidikan. Namun anggaran tersebut tidak tersedia karena anggaran yang digunakan habis untuk subsidi bbm. Untuk menangani hal ini, presiden jokowi sudah menyiapkan 3 kartu sakti yang akan diberikan kepada masyarakat yaitu kartu Indonesia sehat, kartu Indonesia pintar dan kartu keluarga sejahtera.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)