ISIS Sudah Eksekusi 1500 Orang Dalam 5 Bulan

ISIS Sudah Eksekusi 1500 Orang Dalam 5 Bulan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Menurut lembaga pemantau Hak asasi manusia (HAM) suriah mengatakan bahwa Negara islam irak dan suriah (ISIS) sudah mengeksekusi hampir 1.500 orang suriah dalam lima bulan terakhir ini. Hal ini dijelaskan oleh lembaga pemantau HAM suriah pada hari senin (17/11/14). “lembaga ISIS ini sudah mengeksekusi kurang lebih 1429 orang suriah sejak ISIS memproklamasikan kekalifahan mereka pada bulan juni 2014 yang lalu” ungkap Rami abdel Rahman selaku Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah.

“Kurang lebih ada 879 orang yang dipenggal dan ditembak mati dari keseluruhan orang yang ditahan. Semua orang tersebut adalah warga sipil dan 700 orang lainnya berasal dari anggota suku shaitat” tambahnya. Suku shaitat itu berasal dari provinsi deir Ezzor yang menganut islam sunni dan melakukan perlawanan pada pada ISIS Pertengahan tahun 2014. Ada sebanyak 63 orang korban eksekusi lainnya merupakan anggota dari kelompok militan saingan ISIS yaitu Front Al Nusra yang memerangi ISIS dibagian timur dan utara suriah.

“Sedangkan 428 korban lainnya merupakan anggota dari pasukan pemerintah suriah dan empat orang lainnya berasal dari anggota ISIS yang sudah dituduh melakukan kejahatan atau korupsi” ungkap remi. Dalam beberapa bulan terakhir ini, ISIS sudah mengeksekusi personel pemerintah suriah sampai ratusan orang. Setelah mereka berhasil menduduki wilayah utara dan tengah suriah yang sebelumnya sudah dikuasai oleh rezim Bashar al Assad.

“Banyak dari korban-korban yang di penggal jasadnya dipertontonkan ditengah public untuk memberikan ketakutan kepada masyarakat dan kelompok lainnya yang akan melawan ISIS” jelas Rami. Selain itu tujuan eksekusi ini adalah untuk meneror dunia internasional dan juga digunakan sebagai daya tarik para pejuang baru yang berkeinginan untuk bergabung dengar Negara islam iran dan suriah ini (ISIS).

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: