Harga BBM Naik Padahal Harga Minyak Dunia Turun, Apa Alasan Jokowi?

Harga BBM Naik Padahal Harga Minyak Dunia Turun, Apa Alasan Jokowi?

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tadi malam kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sudah diumumkan secara langsung oleh presiden joko widodo. Harga bensin bersubsidi yang semula Rp 6500/L menjadi Rp 8500/L, untuk solar yang semula Rp 5500/L menjadi Rp. 7500/L. Ada banyak yang pro dan kontra mengenai masalah ini. Selain itu presiden joko widodo menaikan harga bbm ditengah turunnya harga minyak dunia. Hal ini juga yang membuat banyak orang mempertanyakan hal tersebut. Dengan kondisi seperti itu, seharusnya pemerintah dapat memperbesar ruang fiskal untuk dapat digunakan di sektor yang lainnya. Banyak orang yang bertanya apa alasan yang jelas mengapa jokowi menaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi?

“Kami melihat hal tersebut dari hari ke hari, melihat masalah tersebut harus dari hitungan tahun dan juga hitungan bulan. Bagaimana perkembangan harga minyak dunia ini akan terus turun atau akan naik sedikit demi sedikit, “ ujar bambang brodjonegoro selaku menteri keuangan ketika berada di kompleks istana kepresidenan, Jakarta, pada hari senin (17/11/14).

Bambang juga menilai naik atau tidaknya harga minyak dunia tetap saja akan mencipatakan subsidi bbm. Padahal seperti yang kita tahu harga minyak dunia tidak fluktuatif. Dia memperkirakan turunnya harga minyak dunia hanya akan bertahan 2 sampai 3 bulan saja. Dengan pertimbangan tersebut, pemerintah juga akan tetap pada pendiriannya untuk mengalihkan anggaran subsidi bbm ke anggaran yang lebih produktif.

Ada berbagai hal yang akan dibuat untuk mengalihkan anggaran dari subsidi BBM tersebut seperti pembangunan infrastruktur dan juga kedaulatan pangan. Pemerintah jokowi menyebutkan akan ada lebih dari Rp 100 triliun dana dari subsidi bbm yang akan dialihkan untuk sector produktif. Selain itu juga akan dialihkan ke pembangunan pembangkit listrik, pembangunan jalan baru, dan pembiayaan program kelautan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: