Topi Bulu Milik Napoleon Terjual Rp. 25 Miliar

Topi Bulu Milik Napoleon Terjual Rp. 25 Miliar

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Siapa yang tidak kenal dengan Napoleon Bonaparte, beliau adalah seorang kaisar dari kerjaan perancis. Topi bulu yang dimiliki oleh Napoleon Banoparte beberapa waktu di lelang oleh sebuah balai pelelangan di daerah pinggiran ibu kota perancis, paris. Topi milik kaisar perancis tersebut berhasil dijual sebesar 2,2 juta dollar US atau setara dengan 25 miliar rupiah. Harga tersebut merupakan harga lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan harga perkiraan awalnya.

Topi tersebut telah dibayar oleh seorang kolektor yang berasal dari korea selatan yang tidak ingin disebutkan namanya. Acara lelang tersebut dilakukan pada hari minggu, 16 november 2014 kemarin. Rumah lelang osenat yang melakukan acara lelang tersebut mengatakan topi bulu atau lebih dikenal dengan bicorne yang berwarna hitam itu telah dijual oleh keluarga kerajaan monako daerah Grimaldi. Topi yang dilelang tersebut merupakan salah satu dari 19 topi yang pernah digunakan oleh Napoleon Bonaparte. Hanya ada sekitar dua atau tiga topi yang dimiliki secara pribadi yang lainnya disimpan di museum dunia.

Selama Napoleon Bonaparte berkuasa sejak tahun 1804 sampai 1814 dan juga pada tahun 1815 napoleoan Bonaparte sudah mempunyai kurang lebih 120 topi bulu berwarna hitam. Topi tersebut dibuat oleh pengrajin topi dari perancis yang bernama Poupard. Dalam sehari-harinya napoleon menggunakan topi tersebut dengan cara menggunakannya dengan bagian sisi yang menghadap kedepan bukan dengan cara bagian depan dan belakang yang menghadap kedepan. Hal ini dilakukan supaya dia lebih dapat dikenali pada saat melakukan perang.

Balai lelang osenat, selain melelang topi dari napoleaon. Mereka juga melelang syal, kaos kaki dan kaos milik napoleon. Semua barang yang dilelang tersebut merupakan barang yang dimiliki oleh Pengeran Louis II monako yang merupakan kakek buyut dari pangeran albert yang berasal dari monako. Hampir ada 1000 barang milik napoleon yang dilelang dalam acara tersebut. Topi hitam tersebut awalnya dimiliki oleh seorang dokter hewan di rumah napoleon yang bernama joseph Giraud. Kemudian topi tersebut disimpan oleh keluarganya sampai tahun 1926 dan kemudian dijual oleh keluarga kerajaan pangeran Louis II. Pada tahun lalu, sebuah tulisan salinan surat wasiat yang dibuat oleh napoleon pada saat berada di pengasingan tahun 1821 berhasil terjual senilai 357.000 euro atau senilai dengan 5,1 miliar.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: