Jokowi Gelar Rapat Kabinet Paripurna Membahas Hasil Dari Forum Internasional Kemarin

Jokowi Gelar Rapat Kabinet Paripurna Membahas Hasil Dari Forum Internasional Kemarin

HarianDepk.com – Berita – Nasional , Pada hari minggu sore yang lalu, presiden jokowi dan rombongan tiba di bandara halim perdana kusuma setelah menyelesaikan serangkaian acara  di Bangkok. Presiden joko widodo hanya akan beristirahat satu hari saja setelah Sembilan hari melakukan perjalanan yang panjang untuk menghadiri forum KTT ASEAN, KTT APEC dan Juga G20 yang dilakukan di Negara Tiongkok, Myanmar dan Australia. Hari senin (17/11/14) Presiden jokowi akan langsung mengadakan sidang Kabinet paripurna untuk menindaklanjuti hasil dari semua pertemuan di luar negeri tersebut.

“Besok ada rapat cabinet sekitar pukul 13.00 WIB, salah satu agenda yang dibahas dalam rapat tersebut adalah mendengarkan hasil yang didapatkan oleh menteri luar negeri mengenai hasil-hasil dari forum KTT kemarin. Selanjutnya presiden juga akan memberikan pekerjaan rumah kepada menteri-menteri terkait dengan tindak lanjut dari hasil yang didapatkan dalam forum KTT tersebut” ungkap andi widjayanto selaku sekretaris cabinet ketika berada di bandara halim perdana kusuma, Jakarta timur pada hari minggu malam (16/11/14). Saat ini kurang lebih terdapat 10 negara yang sudah menawarkan kerjasama konkret dengan Indonesia.

“Misalnya dari Negara Turki di Brisbane sudah memberikan tawaran kerjasama yang konkret. Dengan Negara Perancis juga sudah melakukan hal seperti itu. Itu beberapa yang akan dirangkum oleh Ibu menteri luar negeri, menteri keuangan dan juga menteri perdagangan, pada saat rapat Kabinet paripurna tersebut” tambahnya. Presiden jokowi menginginkan semua kerjasama tersebut dititikan kepada masalah infrasruktur seperti jalan, maritime, kereta api, dan juga pembangkit listrik. Presiden joko widodo tidak ingin investasi yang masuk ke diberikan kedalam ekploitasi sumber daya alam.

Presiden jokowi sudah memerintahkan beberapa menteri untuk segera menindaklanjuti hasil dari forum KTT APEC, KTT ASEAN dan G20. Para menteri itu diperintah untuk segera menjemput bola dengan Negara-negara yang mempunyai ketertarikan untuk berkerjasama dengan Indonesia. Misalnya presiden jokowi sudah mengutus menteri coordinator maritim untuk mendatangi Negara jepang dan tiongkok untuk membahas masalah maritim. Untuk masalah industry maritime, ada perusahaan di italia yang akan menginvestasi produk ban di Indonesia. Selain itu dari hasil forum tersebut, presiden jokowi juga berhasil untuk membawa investor yang akan menginvestasikan di sector pembangkit listrik dan pelabuhan. Untuk masalah tersebut, jokowi sudah meminta tolong menteri BUMN untuk melanjuti masalah tersebut.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: