Hanya Ada 8 Situ Yang Dikelola Oleh Pemkot Depok

Hanya Ada 8 Situ Yang Dikelola Oleh Pemkot Depok

HarianDepok.com – Berita , Kota depok merupakan salah satu kota di daerah Jabodetabek yang mempunyai banyak situ. Tetapi dari puluhan situ yang ada, hanya delapan situ yang di kelola oleh pemerintah kota depok. Delapan situ tersebut adalah situ sawangan, situ pengasinan, situ pulo asih, situ cilodong, situ citayem, situ pendangkelan, situ jatijajar, situ rawa besar dan situ harjamukti. Situ-situ tersebut digunakan untuk menampung air hujan dan kelebihan air dari sungai yang mengalir dari bogor ke jakarta. Hal ini juga digunakan untuk mengatasi banjir di kota depok dan juga kota di sekitarnya.

“Satu persatu situ-situ tersebut akan mulai dikelola oleh pemerintah daerah kota depok dan akan dijadikan objek wisata kemudian bisa menjadi pemasukan bagi daerah” ungkap suparjono sebagai sekretaris Disporasenbud Kota depok. Suparjono juga menambahkan bahwa saat ini pengelolaan situ masih belum maksimal. Masih banyak hal yang harus diperbaiki lagi, supaya bisa menjadi situ dan juga objek wisata yang baik.

Tetapi walaupun belum maksimal dalam pengelolaannya, dari pihak pemerintah kota akan melakukan perbaikan dan ditingkatkan semaksimal mungkin setiap tahunnya. Tahun depan ada beberapa situ yang akan diperbaiki dan ditingkatkan kembali, yang akan diprioritaskan adalah situ sawangan yang bersebelahan dengan situ bojongsari. Di situ sawangan itu akan dilakukan pengembangan dan pengelolaan yang lebih optimal oleh pemerintah kota depok.

Suparjono mengatakan beberapa waktu sebelumnya kota depok sudah mempunyai sebuah konsep wisata terapung yang dibuat di situ rawa besar yang berada di kelurahan Depok, kecamatan pancoran mas. Tetapi konsep tersebut sampai sekarang belum juga direalisasikan, karena keadaan situ rawa besar yang semakin sempit akibat banyaknya bangunan yang dibangun di daerah tersebut. “Sangat sulit untuk merealisasikan konsep wisata terapung di rawa besar, melihat keadaanya yang sekarang seperti ini” ujar Suparjono.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)