Ahok Resmi Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Ahok Resmi Jadi Gubernur DKI Jakarta

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Basuki Tjahaja Purnama atau sering  Kita kenal dengan nama Ahok, telah resmi mendapatkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Joko Widodo untuk melaksanakan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat ini Ahok masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang telah menjadi Presiden RI.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta menunda keputusan untuk melantik Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta dikarenakan banyaknya pihak yang kurang menyetujui Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi Presiden RI ke-7.  Sebut saja Front Pembela Islam, Forum Betawi Rempug, Laskar Pembela Islam dan beberapa LSM di Jakarta yang memolak dilantiknya Ahok sebagai Gubernur dengan alasan Ahok terlalu diskriminatif terhadap kebijakan yang dikeluarkannya terkait agenda-agenda keagamaan khususnya Islam.

Ia mengakui bahwa jika Keputusan Presiden untuk melantik dirinya sebagai Gubernur adalah hasil dari surat yang dikirimkan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada Hari Minggu (16/11/2014) Ahok menanyakan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo terkait dengan pelantikkannya  usai menyambut kedatangan rombongan kepresidenan dari luar negeri di Bandara Halim Kusuma, Jakarta.

“Pak Presiden tanya sudah sampai mana surat, saya bilang tinggal tunggu tandatangan bapak,” kata Ahok.

Presiden RI Joko Widodo berjanji akan segera menindaklanjuti surat pada hari senin ini (17/11/2014) sekaligus rapat dengan para menteri-menteri sehubungan dengan pelantikan Gubernur DKI Jakarta. Jika sesuai jadwal, pelantikan akan dilaksanakan paada hari selasa (18/11/2014) besok. Tetapi Ahok sendiri belum memastikan apakah jadwal pelantikan tersebut sesuai rencana atau tidak. “itu tergantung pak presiden nanti, kan dia yang melantik,” jawab Ahok saat ditemui wartawan terkait pelantikannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ahok adalah Gubernur pertama yang dilantik pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ia menambahkan bahwa kedepannya seluruh Gubernur akan dilantik oleh Presiden. Dan ini berdasarkan Pasal 106 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, Gubernur akan dilantik oleh presiden dan pelantikan dilaksanakan di ibukota.

“Bukan cuma saya saja, semua Gubernur juga. Tapi kebetulan yang pertama saya,” ujarnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)