Di India Mahasiswi Di Larang Masuk Perpustakaan

Di India Mahasiswi Di Larang Masuk Perpustakaan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Di daerah india utara yaitu kota Pradesh terdapat peraturan larangan mahasiswi untuk masuk ke perpustakaan pemerintah. Menurut pengadilan Allhabad yang berada di prades, india utara , larangan mahasiswa untuk masuk ke perpustakaan universitas sangat melanggar undang-undang dasar yang berlaku. Keputusan dari pengadilan tersebut dikeluarkan setelah adanya ribuan mahasiswi strata satu yang bersekolah di universitas Muslim Aligarh tidak diperbolehkan untuk memasuki perpustakaan Maulana Azad yang merupakan perpustakaan utama dari universitas tersebut.

Letnal Zammerudihn Shah selekua rector dari universitas muslim Aligarh mengatakan larangan tersebut dikeluarkan karena mereka mengganggap kehadiran mahasiswi akan mengganggu konsentrasi dari mahasiswa yang ada diperpustakaan tersebut, selain itu juga jumlah kursi yang terdapat di perpustakaan tidak mencukupi untuk kehadiran mahasiswi. Selain itu sang rector juga beralasan kalau letak perpustakaan jauh dari lokasi belajar mengajar mahasiswa, jadi akan rentan terjadi pelecehan seksual ketika jalan menuju ke perpustakaan.

Karena masalah tersebut, akhirnya dari pihak universitas mengeluarkan kebijakan untuk bisa meminjam buku perpustakaan secara online. Ketika rector salah satu universitas tertua di india ini mengeluarkan kebijakannya ini banyak menuai kecaman dari berbagai kalangan. Selain berasal dari mahasiswa dan juga beberapa dosen, kecaman tersebut juga sudah dikeluarkan oleh menteri pendidikan India.

Ke perpustakaan merupakan sebuah hak untuk semua mahasiswa maupun mahasiswi, tidak boleh anda pembeda antara keduanya. Selain itu perpustakaan juga digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Jika alasan yang digunakan seperti itu, bisa dicari solusi lain yang tidak merugikan berbagai pihak. Sampai saat ini belum ada tindakan yang jelas dari pemerintah setempat mengenai masalah kebijakan tersebut.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: