7 Dokumen Pelanggaran HAM berat Akan Segera di Publikasikan

7 Dokumen Pelanggaran HAM berat Akan Segera di Publikasikan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dalam beberapa waktu yang akan datang komisi nasional hak asasi manusia (Komnas HAM) akan mempublikasikan tujuh dokumen pelanggaran HAM dari hasil penyidikan eksekutif kepada masyarakat. Hal ini dikeluarkan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang pentingnya proses penyelesaian pelanggaran hak asasi manusia yang berat. Hal ini dilakukan komisi nasional hak asasi manusia sebagai tindak lanjut dari kampanye dan juga penyadaran masyarakat untuk menyelesaikan kasus hak asasi manusia.

“Ini sebagai tindak lanjut dari kampanye dan penyadaran masyarakat untuk bersama-sama mendorong melakukan penyelesaian dari pelanggaran hak asasi manusia yang berat di masa lalu” ujar noor khoiron selaku komisioner komnas HAM pada saat berada di kantor komnas ham, jakarta pusat hari jumat (14/11/14). Tujuh dokumen yang akan dikeluarkan tersebut merupakan dokumen pelanggaran yang sudah diserahkan ke kejaksaan agung.

Menurut khoiron, masyarakat harus mengetahui dan juga memahami tentang proses penyelesaian pelanggaran ham harus dilalui dengan upaya rekonsiliasi yang digunakan untuk mengungkapkan kebenaran, prinsip-prinsip dalam penghapusan impunitas dan juga pemenuhan keadilan bagi korban pelanggaran hak asasi manusia. Dalam penyelesaian pelanggaran HAM meliputi beberapa hal antara lain hak atas kebenaran, hak atas keadilan serta hak atas pemulihan dan juga hak tidak berulangan.

Tujuh dokument ringkasan pelanggaran HAM tersebut meliputi dokumen penyelidikan kasus pelanggaran berat yang terjadi pada tahun 1965, peristiwa lampung, peristiwa talangsari, peristiwa trisakti semanggi I dan II, peristiwa hilangnya orang secara paksa, peristiwa wasior, papua, wamena dan peristiwa petrus. Selain mempublikasikan tujuh dokument tersebut, komnas ham juga melakukan kerjasama dalam film yang berjudul senyap. Film tersebut bercerita tentang pelanggaran hak asasi manusia dan akan ditayangkan di bioskop seluruh indonesia.

[MuhaamdKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)