Depok Akan Terapkan Dan Sosisalisasikan Perda Rokok

Depok Akan Terapkan Dan Sosisalisasikan Perda Rokok

HarianDepok.com – Berita , Rokok memang suatu hal yang berukuran kecil tetapi mempunyai dampak yang sangat besar. Peringatan tentang bahaya merokok ini tertulis jelas dibungkus rokok. Selanjutnya Perda No.3 tahun 2014 mengenai kawasan tanpa rokok (KTR) ikut memperkuat masalah penegakan komitmen untuk tidak merokok. Perda no.3 tahun 2014 mengenai kawasan tanpa rokok tersebut akan mulai berlaku tanggal 1 januari 2015 yang akan datang.

Dalam perda tersebut dijelaskan ada 7 tempat yang menjadi kawasan bebas rokok antara lain tempat kerja, tempat umum, tempat ibadah, angkutan umum, tempat berkumpul atau bermain anak-anak, sarana kesehatan dan tempat untuk proses belajar mengajar. Dari pemerintah kota depok berkomat-kamit untuk menghilangkan semua iklan rokok di jalan utama. Jika masih ada, iklan tersebut akan ditunggu sampai kontraknya habis. Selain itu pemerintah kota depok juga akan mengatasi masalah keramaian panggung hiburan yang di sponsori oleh produsen rokok.

“Izin keramaian harus dikeluarkan oleh polres setempat, saat ini kami juga bekerjasama dengan penegak pemerintah daerah. Untuk mendapatkan izin melakukan panggung hiburan tidak boleh disponsori oleh merek rokok” ujar dr Ani Rubiani M.kes selaku sekretaris dinas kesehatan kota depok. Untuk para penjual rokok, juga tidak boleh memajang rokok yang mereka jual di etalase. Cukup ditulis menjual rokok atau disini ada rokok., tambah dr Ani.

Yang paling penting adalah larangan penggunaan rokok di lingkungan aparat pemerintah. Tak hanya pemerintah daerah saja. Tetapi semua aparatur Negara dari kelurahan, kecamatan, kabupaten sampai tingkat pusat. Sekarang para aparatur Negara harus malu ketika mereka merokok dikawasan tempat kerja. Harapan ini tidak akan terjadi tanpa bantuan dari semua pihak. Oleh karena itu dari semua kalangan harus selalu mendukung dengan program pemerintah ini. sosialisasi di semua kalangan harus mulai digencarkan kepada seluruh masyarakat.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)