Konsep Kota Masa Depan “Smart City” Yang Berbasis IT

Konsep Kota Masa Depan Yang Berbasis IT

HarianDepok.com – Properti , Dalam mengembangkan tata letak kota harus dipertimbangkan dengan sangat seksama. Melihat teknologi digital sekarang sudah sangat berkembang, jadi kita harus bisa membangun sebuah kota yang lebih efektif dan efisien. Selain itu harus dipertimbangkan juga dengan penghematan bahan bakar dan juga pengurangan masalah kemacetan. Hardik Bhatt sebagai Managing Director CISCO smart cities internasional menjelaskan tentang visi mengenai smart cities atau kota pintar tersebut di depan pegiat ekonomi kreatif dan komunitas IT kota depok, pada hari Rabu (12/11/14) dalam sebuah diskusi yang bertema Depok Smart City Digital Forum.

“ Dalam konsep pengembangan kota pintar atau smart city harus menerapkan konsep intelegent transport dan juga masalah penerangan jalan yang dapat mendeteksi keadaan yang sebenarnya dijalankan agar dapat menyesuaikan fungsi jalan secara efektif dan juga efisien. Terwujudnya kota pintar, tidak hanya dapat dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi harus dilakukan oleh semua komponen masyarakat baik pemerintah, pengusaha swasta maupun oleh warganya. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk mewujudkan hal tersebut” ujar Hardik. Menurut dia penggabungan antara komunitas digital dalam penggabungan konsep digital sangatlah diperlukan untuk dapat membuat local based application.

Hal ini juga diungkapkan oleh Suhono supangkat selaku Guru besar Institusi teknologi bandung dan juga pendiri gerakan Indonesia smart cities initiatives, sangatlah penting untuk mewujudkan sebuah ekosistem smart cities yang harus melibatkan peran aktif antara masyarakat dan juga pemerintah. “konsep kota pintar dapat terwujud dari inisiatif warganya. Seperti yang dilakukan oleh komunitas digital di depok, yang dapat dijadikan langkah awal untuk membuat sebuah kota pintar” ujar suhono. Depok diharapkan dapat menjadi pioneer untuk mewujudkan megapolitan polycentric bagi daerah di jabodetabek.

Melihat depok menjadi salah satu tempat resapan air yang membuat tidak bisa dijadikan pusat industry masal, dengan adanya konsep smart city ini akan membangun industry baru dengan pengetahuan sebagai tulang punggung ekonomi di kota depok. Dalam diskusi ini juga akan dilakukan secara berkala. Selanjutnya dari komunitas digital depok akan melakukan invetariasasi mengenai masalah diperkotaan dan akan berkonsultasi dengan CISCO dan juga dengan ITB dalam menerapkan solusi berbasis teknologi yang dapat diterapkan di masyarakat.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer