Posyandu Perigi Satu Atap Dengan PAUD dan Pospindu

Posyandu Perigi Satu Atap Dengan PAUD dan Pospindu

HarianDepok.com – Berita – Sawangan , Posyandu atau pos pelayanan terpadu melati 2 yang berada di perigi RT 06 RW 08, kelurahan bedahan, sawangan depok, saat ini menjadi satu atap dengan sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pos pembinaan terpadu (pospindu) yang baru saja diresmikan pada tanggal 13 oktober 2014 yang lalu. Semua kegiatan pospindu dan posyandu dilakukan setiap hari minggu ketiga dari setiap bulannya. Posyandu dan pospindu di tempat ini akan digunakan untuk melayani empat RT yaitu Rt 3, RT 4, RT 5 dan Rt 6. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh bidan melva yang berasal dari PKM Pengasinan.

Posyandu di desa perigi ini digunakan untuk meningkatkan peran wanita dalam program menuju keluarga sehat dan sejahtera. Menurut Nana Oyanah selaku ketua posyandu, dengan adanya system satu atap ini akan lebih memudahkan untuk mengkoordinir anggota posyandu dan juga pospindu agar lebih efektif dan efisien. Saat ini posyandu di perigi juga mempunyai perlengkapan yang sudah sangat lengkap. Seperti alat untuk tes gula darah, tensi darah, tes asam urat, kolesterol, timbangan berat badan, pengukur tinggi badan dan masih banyak lainnya.

“ Saya merasa semua alat yang terdapat di posyandu, juga dapat digunakan oleh pospindu. Semua alat ini seperti milik bersama. Silahkan alat ini dapat digunakan untuk kegiatan Pospindu karena kita sama-sama berada di satu atap” kata Nana Oyanah pada hari selasa, 11 november 2014. Jika semua alat dapat berguna untuk semua itu akan lebih baik, dibandingkan hanya didiamkan saja. Paling penting alat tersebut harus tetap dijaga, agar tidak cepat rusak.

Saat ini anggota yang aktif dalam kegiatan posyandu kurang lebih 60 persen, tetapi pada saat bulan puasa biasanya jumlah yang aktif akan sedikit berkurang. Pada saat diadakan kegiatan pemberian vitamin A, akan banyak orang yang datang ke posyandu. Dengan semakin berjalannya kegiatan posyandu di perigi, semakin berkurang angka kematian pada ibu hamil untuk beberapa tahun ini. Untuk kepengurusan posyandu, rencananya tahun 2015 nanti akan di regenerasi.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok