Robot Philae Membuat Sejarah Dengan Mendarat Di Sebuah Komet

Robot Philae Mendarat Di Komet

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah robot yang di beri nama Philae , akhirnya bisa mendarat di sebuah komet berjalan di luar angkasa sana. Tentunya ini menjadi sejarah baru di dunia antariksa yang sudah berhasil mendaratkan sebuah robot penjelajah Philae di permukaan komet untuk mendapatkan data-data lebih jauh tentang tata surya.

Para ilmuwan dan eksekutif ESA yang tergabung dalam Misi Rosetta sangat senang dan bangga setelah pendaratan sebuah robot di atas komet dengan sempurna.Untuk pertama kalinya didalam sejarah manusia  untuk melakukan pendaratan sebuah pesawat robotika Philae di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko tanpa mengalami kesulitan. Dan akhirnya robot philae bisa mendarat di atas komet tersebut dengan sukses , Rabu (12/11) tengah malam waktu setempat.

Menurut info yang beredar pendaratan Philae sebenarnya tidak terlalu sempurna, karena pada percobaan pertama saat pesawat robotika Philae itu akan mendarat di permukaan komet sempat mengalami benturan dan terombang-ambi. Hal tersebut dikarenakan daya gravitasi di komet itu sangatlah rendah.

seperti yang di lansir dari CNN “Jadi mungkin kami tidak mendarat sekali, kami mendarat dua kali,” kata manager pendaratan Philae, Stephan Ulamec, . “Apakah kami mendarat di area berpasir atau terjadi sesuatu yang lain, kami belum paham sepenuhnya.” Pungkasnya.

Hari ini, kata Ulamec, timnya akan tahu banyak soal pendaratan Philae lebih jelas. Yang pasti saat ini , ESA telah membuat  sejarah besar dan akan tercatat di dalam dunia antariksa setelah kesuksesan pendaratan Robot Philae tersebut.

Adapun Misi Rosetta sengaja diluncurkan untuk mendapatkan data dan bisa menguak tabir rahasia tentang sistem tata surya yang selama ini masih sangat kurang informasinya. Matt Taylor, ilmuwan Proyek Rosetta di ESA mengatakan “Seperti apa kondisi sebenarnya dan bagaimana ia berevolusi, apa peran komet dalam evolusi ini dan bagaimana komet bekerja,” tutupnya.

foto : BBC.CO.UK

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)