Revolusi Mental Bukan Untuk Anak-Anak Tetapi Untuk Pendidiknya

Revolusi Mental Bukan Untuk Anak-Anak Tetapi Untuk Pendidiknya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Masalah pendidikan di Indonesia seharusnya memang menjadi sorotan utama karena dari situlah penerus bangsa lahir. Anies baswedan selaku menteri kebudayaan dan pendidikan dasar menengah mengatakan akan mulai menurunkan konsep tentang revolusi mental dalam pendidikan Indonesia. Tetapi revolusi mental itu tidak difokuskan pada anak-anak didik, melainkan kepada para pendidik di Indonesia.

“Yang harus direvolusi mental adalah pendidiknya bukan dari anak didiknya. Saya melihat dalam dunia pendidikan di Indonesia, anak-anak seperti botol yang harus dijejali dengan begitu banyak materi” ujar anies pada hari selasa, 11 november 2014 di Jakarta. Menurut mantan rektor universitas paramadina, pendidikan di Indonesia kepada anak-anak tidak bisa disamakan dengan lari sprint. Pendidikan di Indonesia seperti lari marathon yang selalu stabil dan selalu berkelanjutan. Jangan sampai anak-anak di Indonesia merasa lelah dengan system pendidikan di Indonesia.

“jangan sampai anak-anak di Indonesia merasa lelah untuk mengikuti proses belajar di sekolah dan merasa terbebani setiap berangkat ke sekolah, menganggap belajar sebagai suatu yang tidak menyenangkan. Belajar itu harus membahagiakan dan menyenangkan” ungkap anies. Selain memperbaiki dari guru, anies menilai juga perlu melakukan perubahan pada jajaran birokrat yang berada di kementrian pendidikan, juga sudah harus mendapatkan pencerahan tentang revolusi mental. Saat ini anies sedang melakukan evaluasi terhadap kinerja dari semua jajaran yang berada di kementrian pendidikan.

Anies memperhatikan para pengurus sudah melaporkan banyak hal, tetapi sampai sekarang tidak ada hasilnya. Laporan yang diberikan Cuma sekedar laporan apa yang sudah para jajaran birokrat lakukan.  Untuk membenahi cara pandang di kementrian pendidikan merupakan salah satu pekerjaan yang berat buat anies. Menurut beliau semua anggota kementrian harus sadar akan tugasnya untuk mencerdaskan anak bangsa.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)