Dua Calon Hakim MA Direkomendasikan Oleh Komisi Yudisial

Dua Calon Hakim MA Direkomendasikan Oleh Komisi Yudisial

HarianDepok.com – Berita – Nasional ,  Sampai saat ini pemilihan untuk calon ketua mahkamah konstitusi masih belum ditentukan. Dari komisi yudisial telah merekomendasikan 2 orang calon hakim mahkamah konstitusi. Kedua calon tersebut berasal dari 10 calon yang sudah mendaftar sebagai hakim mahkamah konstitusi untuk menggantikan 2 hakim yang sebelumnya. Imam Anshori sebagai komisioner komisi yudisial mengatakan kedua nama tersebut yang sudah diusulkan oleh incumbent hakim konstitusi dan wakil ketua pengadilan tinggi dari Bangka Belitung.

“ itu merupakan hasil rapat pleno yang belum lama ini selesai. Untuk surat rekomendasinya akan kami kirim ke mahkamah agung dan nanti dapat dijadikan pertimbangan oleh MA, untuk dapat memutuskan calon mahkamah agung yang selanjutnya” uhar iman anshori. Beliau mengatakan dua nama tersebut muncul, setelah dilakukan rekam jejak tentang track record dari semua calon yang sudah mendaftar sebagai calon hakim mahkamah agung.

Selain itu menurut imam anshori dari 10 calon yang mendaftar sebagai calon hakim mahkamah agung, tidak semua dinilai dari integritasnya saja. Ada beberapa calon yang hasil seleksinya tidak lolos dikarenakan kurangnya syarat pada saat pendaftaran. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah sudah bergelar doktor dan memiliki ijasah doktor (S3).

Kesepuluh calon yang mendaftar sebagai calon hakim mahkamah konstitusi adalah Dr HM Arsyad Marwadi SH MH, Dr Naomi Siahaan SH MH, Fadlil Ahmad Sumadi, Dr Santer Sitorus, Manahan MP Sitompul, Muchlis Bambang Lukmono, Arifin Marpaung, M Rum Nessa, Suhartoyo dan Nardiman. Mahkamah agung membuka pendaftaran calon hakim MA karena ada dua hakim yang akan pensiun yaitu hakim konstitusi Muhammad alim yang mulai pension pada bulan april 2015 dan hakim konstitusi ahmad fadlil sumadi yang akan habis masa jabatan pertamanya. Untuk fadlil sumadi masih diperbolehkan untuk ikut seleksi dalam pemilihan yang selanjutnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)