KPA Kota Depok Perilaku Sehat Sangat Penting Dalam Mencegah AIDS

KPA Kota Depok Perilaku Sehat Sangat Penting Dalam Mencegah AIDS

HarianDepok.com – Berita , HIV Aids merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Sampai saat ini belum juga ditemukan vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah HIV Aids. Oleh karena itu harus ada rasa saling peduli, kasih dan juga menjaga di sebuah keluarga untuk mencegah tertularnya HIV Aids dalam keluarga. Keluarga harus saling menjaga hidup sehat dan selalu menggunakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Herry Kuntoro selaku Sekretaris komisi penanggulangan AIDS (KPA) kota depok mengatakan cara untuk mengatasi penyakit AIDS dalam keluarga yang belum ada obatnya ini adalah dengan menjaga hidup sehat dalam keluarga.

Menurut Herry kuntoro perilaku hidup dalam kehidupan sehari-hari berperan sangat penting untuk mencegah penularan HIV Aids di masyarakat. Misalnya pada laki-laki sex dengan laki-laki (LSL), High Risk Man (HRM), waria, Pengguna Napsa Suntik (PENASUS) dan juga pada wanita pekerja sex (WPS). Oleh karena itu harus selalu melakukan pola hidup sehat dan menghindari perilaku-perilaku yang menyimpang. Pekerjaan-pekerjaan seperti itu sangat rentan sekali untuk tertular virus aids di masyarakat bahkan sampai ke skala rumah tangga.

Oleh karena itu dari pihak komisi penanggulangan AIDS sangat berharap peran aktif dari masyarakat yang ikut dalam forum warga peduli Aids (WPA) untuk mendata dan mencari masyarakat disekitar tempat tinggalnya yang terduga terinveksi virus hiv aids. Selain itu kepada masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan atau tidak melakukan pola hidup sehat. “diharapkan forum warga peduli aids bisa mendata warganya yang kemungkinan terkena aids, karena warga peduli aidslah yang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat” ungkap Herry

Herry juga berharap masyarakat mau secara sadar untuk selalu memeriksakan dirinya langsung ke dinas kesehatan setempat. Masyarakat bisa memeriksakan diri ke puskesmas di daerah tempat tinggalnya. “Bagi masyarakat yang kemungkinan besar terjangkit virus hiv aids, harus sadar diri untuk memeriksakan diri ke dinas kesehatan setempat. Untuk dapat dilakukan penanggulangan dan pengobatan selanjutnya. Kasihan keluarga yang tidak tahu apa-apa, jika tiba-tiba tertular virus hiv aids ini. salah satu penyebab resiko hiv aids sangat tinggi karena kurangnya kesadaran masyarakat pada dirinya sendiri”imbuh herry.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: