Inilah Hal Yang Dibahas Jokowi Dengan Presiden RRT

Inilah Hal Yang Dibahas Jokowi Dengan Presiden RRT

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Joko Widodo sudah melakukan pembicaraan bilateral pertamanya di pertemuan internasional KTT APEC yang dilaksanakan di tiongkok dengan tuan rumah Presiden Republik rakyat tiongkok XI jinping pada hari minggu 9 november 2014 kemarin. Menurut beberapa siaran pers yang dilakukan oleh kementrian luar negeri mengatakan jokowi disana membicarakan beberapa hal mengenai kerjasama dengan tiongkok yang sudah beliau bicarakan dengan presiden rakyat tiongkok tersebut.

Dalam pembicaraan tersebut keduanya sepakat untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang. Bapak Presiden joko widodo menekankan tentang kerjasama pembangunan infrastruktur di Indonesia. Selain itu beliau juga membicarakan tentang rencana Indonesia untuk bergabung dengan Asian Infrastruktur Investment Bank (AIIB). Selain itu menteri luar negeri juga mengatakan bahwa jokowi dengan jinping akan lebih meningkatkan masalah agenda miritim RI dan juga masalah jalur sutra maritim yang merupakan gagasan dari tiongkok.

“selain itu mereka juga membahas mengenai keamanan, anti korupsi, penegakan hukum, anti terorisme, dan juga kerjasama antar budaya. Mereka juga membahas mengenai pembentukan pusat budaya dan juga kerjasama antara kota dan antar provinsi antara kedua Negara tersebut” ucap hasil dari berita pers kementrian luar negeri. Dalam pertemuan ini presiden jokowi juga mengundang jinping untuk menghadiri Indonesia tahun depan, dalam rangka memperingati 60 tahun konferensi pers asia afrika dan juga untuk menandatangani 65 tahun kerjasama diplomatik RI dan RRT.

Mereka juga menyepakati untuk membuat forum dialog ekonomi untuk menteri perekonomian RI dan menteri perekonomian RRT. Hal ini digunakan untuk mendorong kemajuan dibidang ekonomi, investasi, perdagangan dan juga pembangunan. Presiden jokowi dan ibu Negara Iriani bertolak ke tiongkok Beijing pada hari sabtu 8 november 2014 dari bandara halim perdanakusuma. Rencana beliau akan berada disana dari tanggal 8 november sampai tanggal 12 november 2014. Dengan adanya pertemuan ini banyak masyarakat yang berharap hubungan antara RRT dan Indonesia semakin erat dan menguntungkan.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok