Jerman Mengenang Runtuhnya Tembok Berlin 25 Tahun Yang lalu

Runtuhnya Tembok Berlin

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Hari ini minggu 9/11/2014 tepat 25 tahun peringatan mengenang runtuhnya tembok berlin di jerman. Runtuhnya Tembok Berlin diawali dengan demo yang sangat besar dan menyeluruh dari seluruh sipil di Jerman Timur pada bulan Agustus 1989 juga dikarenakan adanya perubahan politik yang sangat radikal di kawasan Blok Timur ( baca : komunis) yang dipimpin oleh Uni Soviet.

Pada waktu itu terjadi kerusuhan sipil dalam jangka waktu yang cukup lama , dan pemerintah Jerman Timur memberikan pengumuman bahwa pada tanggal 9 November 1989 seluruh rakyat Jerman Timur boleh pergi ke wilayah Jerman Barat dan Berlin Barat. Dengan adanya pengumuman tersebut, semua rakyat Jerman Timur yang berkumpul dengan sigap penuh semangat langsung menyeberangi dan memanjat tembok itu, dibarengi juga dengan rakyat Jerman Barat di tepi tembok berlin lainnya untuk merayakan susana kebebasan.

Tembok Berlin Jerman

Setelah Runtuhnya tembok berlin yang jadi pemisah antara jerman barat dan jerman timur, maka hanya dalam waktu satu tahun yaitu tepatnya pada 3 Oktober 1990 Jerman bersatu kembali.

Puncak peringatan untuk mengenang runtuhnya tembok berlin ini akan digelar pada hari Minggu (9/11/2014) untuk menandai berakhirnya Perang Dingin di Eropa.

foto : Wikipedia

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)