Alasan Samsung Berhenti Membayar Lisensi Ke Microsoft

Alasan Samsung Berhenti Membayar Lisensi Ke Microsoft

HarianDepok.com – Tekno , Samsung merupakan salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia. Pada awal bulan oktober lalu, muncul sebuah berita bahwa Samsung menolak untuk membayar uang upeti ke Microsoft mengenai masalah lisensi dari android. Samsung dituduh lalai atas pembayarannya lisensi hak paten android ke Microsoft dan oleh Microsoft dibawah ke meja pengadilan. Pada waktu itu menurut Samsung masalah akusisi nokia dengan Microsoft yang membuat perjanjian bisnis tersebut mengenai lisensi hak paten dengan Samsung menjadi tidak sah.

Samsung sebagai raksasa di korea ini juga mengambil perkara baru untuk Microsoft. Pada tahun 2011 samsung menandatangani perjanjian dengan Microsoft mengenai perjanjian lisensi hak paten android. Dari hasil perjanjian tersebut, Samsung harus memproduksi ponsel yang mempunyai desain seperti windows phone dan juga saling berbagi rahasia trik bisnis dengan Microsoft. Selain itu dalam perjanjian tersebut juga dijelaskan, jika Samsung dapat menjual smartphone windows phone dengan jumlah yang sudah ditentukan, maka Microsoft akan mengurangi biaya pembayaran lisensi hak paten kepada Samsung.

Tetapi hal tersebut sulit untuk dilakukan, melihat pasar dari windows phone yang dari tahun ke tahun semakin menurun penjualannya. Sejak tahun 2013 penjualan windows phone mengalami penurunan yang cukup drastic. Produk Samsung yang mempunyai system ponsel windows phone hanya satu yaitu Ativ S. selain itu dari pihak Samsung juga mengatakan Microsoft yang sekarang menjadi pemilik yang baru dari Nokia menjadikan perusahaan tersebut menjadi salah satu pesaing dalam masalah pembuatan perangkat lunak ponsel. Samsung juga juga sudah bisa memberikan rahasia bisnis yang tidak sesuai dengan hukum anti trust di AS

Samsung diharuskan membayarkan lisensi paten ke Microsoft karena Microsoft mengklaim android menggunakan  teknologi yang sudah dipatenkan oleh Microsoft, yaitu teknologi untuk menampilkan banyak window di halaman web browser. Itulah yang membuat Samsung dan pabrik ponsel android lainnya harus membayar lisensi ke Microsoft. Penandatangan Samsung dengan microsoft  dilakukan pada tahun 2011 kemarin dan Samsung wajib untuk membayar lisensi selama 7 tahun. Sampai Samsung mempunyai hak untuk mengembangkan dan memakai perangkat Microsoft untuk ponsel androidnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:

One Response

  1. author

    Chika2 years ago

    Iyalah udah jelas pasarnya lebih maju android daripada windows 😀

    Reply

Leave a Reply